Breaking News:

Karang Taruna, Fans Club hingga Bold Riders Probolinggo Berkolaborasi Gelar Donor Bareng

Belasan komunitas di Probolinggo kolaborasi dalam kegiatan kemanusiaan donor darah mengusung dengan tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021.

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
Donor darah kemanusiaan yang digelar 12 komunitas di Probolinggo dengan mengusung tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Sebanyak 13 komunitas di Probolinggo berkolaborasi dalam kegiatan kemanusiaan, yakni donor darah, dengan tema 'Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021'.

Dalam kegiatan ini berbagai komunitas ikut terlibat dan secara sukarela menyumbangkan darahnya kepada PMI.

"Kolaborasi berbagai komunitas ini sebagai wujud kebersamaan, dan solidaritas lintas komunitas. Mudah-mudahan dengan donor darah ini bisa membantu sesama," ujar Koordinator Donor Darah, Andi Susanto, Selasa (9/11/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dari pertengahan bulan Oktober hingga akhir bulan Oktober 2021.

Komunitas bergantian menuju tempat donor yang tersebar di sejumlah daerah di Probolinggo, hal ini dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 termasuk menghindari kerumunan.

Jumlah kantong darah yang berhasil diberikan kepada PMI berjumlah 100 kantong.

Syarat donor tahun ini lebih ketat lantaran harus sudah vaksin serta harus memenuhi standar kesehatan seperti tensi darah.

"Untuk komunitas yang terlibat ini ada anak motor Bold Riders yakni NVL-RP Probolinggo, kemudian PCBC Probolinggo, KCI, serta ada komunitas Fans Club dari Mirepro. Karang taruna juga ada dari Karang Taruna Brumbungan Lor, Couple, Poh Sangit Kidul, Karang Taruna Kali Buntu, TKP4 Community, dan Suket teki Community serta Sapi kerep," jelasnya.

Baca juga: Enam Komunitas di Blitar ini Kompak Gelar Donor Darah Bareng dan Bagikan Face Shield

Sementara itu, kegiatan di Probolinggo ini merupakan bagian kolaborasi KITA yang kini sedang menggelar donor darah di berbagai tempat.

Data sampai Jumat 5 Oktober 2021, untuk kegiatan donor darah di Indonesia Timur ini tercatat melibatkan 715 komunitas, dengan ribuan anggota di 91 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020.

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Pada Sabtu (6/11) Kegiatan Donor Darah serentak di wilayah Indonesia Timur dengan tema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini akhirnya memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. (*)

Baca juga: Silaturahmi Antarkomunitas di Madiun Semakin Erat Lewat Donor Darah

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved