Breaking News:

Berita Jatim

Wagub Emil Dardak Tinjau Tanggul Jebol di Desa Cermen Gresik dan Temui Warga Terdampak Banjir

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meninjau tanggul jebol di Desa Cermen Gresik dan menemui langsung warga terdampak banjir.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Willy Abraham
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meninjau lokasi terdampak banjir di Desa Cermen, Kecamatan Kedamean, Gresik, Senin (8/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meninjau tanggul jebol yang berada di Desa Cermen, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik.

Akibat jebolnya tanggul tersebut, sejumlah wilayah di Gresik terendam banjir.

"Sebelum bencana banjir ini, ramai-ramai kita sudah memfokuskan dengan Perpres no 80 kajian tentang Kali Lamong, kajian dari para pakar ini perlu adanya tanggul dan pelebaran titik tertentu, agar limpahan air bisa tertahan," terang Emil, Senin (8/11/2021).

Dikatakannya, pembebasan lahan sudah berjalan, anggaran dari pusat sudah mulai turun secara bertahap dengan tujuan supaya bisa tertangani semua.

"Bu gubernur juga sudah warning dari BMKG bahwa ini memasuki musim La Nina, hujannya lebih deras dan lebih tinggi sehingga terjadilah banjir di Desa Cermen dan Desa Bengkelolor yang mengakibatkan jebolnya tanggul. Ada 13 titik jebolnya tanggul dan itu harus segera diperbaiki," ucap Wagub Emil.

Emil melakukan kunjungan didampingi Kapolres Gresik, AKBP Mochamad Nur Azis, dan Muspika Kecamatan Kedamean bersama Kepala Desa Cermen, Suhadi.

Tampak hadir Asisten III Pemkab Gresik Abu Hassan dan Kepala BPBD Gresik, Tarso Sagito.

"Kita semua turun untuk mencari solusi agar bisa menanggulangi bencana banjir ini dan kita melihat hal-hal apa yang sudah dilakukan pemerintah Gresik, ternyata penanganan darurat sudah dilakukan dengan baik, mulai dari normalisasi dan pembenahan tanggul, karena keterbatasan alat berat aja," tegasnya.

Lebih lanjut, yang sudah diterapkan langsung akselerasi, yang sudah on the track dilanjutkan. Mulai penanggulangan dan nomalisasi sudah jalan sejak bulan Oktober.

Baca juga: Hujan Turun Saat Bagikan Bantuan Warga Gresik, Mensos Risma Langsung Minta Tagana Pasang Tenda: Lari

"Patut kita apresiasi, jadi Pemkab Gresik tidak tidur menghadapi ini, tidak nunggu proyek, akan tetapi langkah-langkah yang bisa meningkatkan kerja sama antarwilayah kita dorong," tegasnya.

"Banyak pelajaran berharga yang kita petik dari pemerintahan dulu yang diterapkan pemerintahan Gresik saat ini, jadi mohon dukungan masyarakat kepada pemimpin Gresik dan semua tim, termasuk pak Kapolres, BPBD, Dandim dan semua untuk bekerja lebih keras, kami dari provinsi tentunya atas arahan bu gubernur selalu siap sedia untuk bisa membantu. Yang penting begini, tidak bisa tuntas tapi harus lebih baik," tutupnya.

Emil beserta rombongan menyapa masyarakat Desa Cermen yang terdampak banjir.

Dia juga mengunjungi warga terdampak banjir Kali Lamong di Desa Bengkelolor, Kecamatan Benjeng.

Sementara itu, Kapolres Gresik, AKBP Mochamad Nur Azis memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir. Bantuan diserahkan di Kecamatan Benjeng dan langsung kepada warga di Perumahan Prisma Land, Kecamatan Cerme.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved