Breaking News:

Berita Trenggalek

Peringati HKN ke-57, Bupati Nur Arifin Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat di Musim Penghujan

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengajak masyarakat untuk hidup sehat, terlebih pada masa musim penghujan kali ini

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat mengikuti peringatan HKN di Pendhapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Kamis (11/11/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengajak masyarakat untuk hidup sehat, terlebih pada masa musim penghujan kali ini.

Ajakan itu ia sampaikan ketika mengikuti Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-57 di Pendhapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Kamis (11/11/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Mas Ipin itu, salah satu penyakit yang harus diwaspadai saat musim penghujan adalah demam berdarah.

Maka, ia juga meminta para kader juru pemantau jentik (Jumantik) untuk gencar turun ke masyarakat. Sehingga risiko tempat berkembangbiaknya nyamuk penyebab demam berdarah bisa diminimalisir.

Baca juga: Aturan SKB CPNS 2021: Peserta Wajib Swab PCR atau Antigen, Isi Formulir Deklarasi Sehat H -14 Ujian

“Jangan sampai kemudian covidnya melandai tapi nanti demam berdarahnya tinggi,” kata Mas Ipin, mewanti-wanti.

Selain itu, Mas Ipin juga mengajak masyarakat untuk menambah kegiatan fisik untuk meningkatkan imunitas.

Apalagi, area publik saat ini sudah bisa kembali dimanfaatkan untuk kegiatan fisik masyarakat, termasuk olahraga.

Ajakan ini merunut pada pengalaman saat pandemi Covid-19. Saat pandemi, banyak warga Trenggalek yang meninggal karena memiliki penyakit penyerta saat terpapar Covid-19.

"Penyakit penyerta yang di antaranya disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat. Mulai dari mungkin diabetes, kemudian darah tinggi, mulai dari pola makan, kegiatan fisik dan lain sebagainya ini perlu dijaga,” tutur dia.

Mas Ipin menjelaskan, situasi pandemi dalam beberapa minggu terakhir dapat dibilang terkendali.

Namun, ia berharap masyarakat tidak mengendurkan kewaspadaan. Selain tetap menjaga protokol kesehatan, ia juga meminta mereka untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

“Kita beberapa kali rapat dengan kementerian, memang kita diminta sekarang tidak bertumpu pada sisi kuratif, tidak hanya bertumpu pada sisi pengobatan, tetapi bagaimana memastikan gaya hidup masyarakat itu bisa lebih sehat,” sambungnya. (fla)

Kumpulan berita Trenggalek terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved