Breaking News:

Berita Gresik

Wapres Ma'ruf Amin Dukung Kawasan Industri Halal, Rencananya Dibangun di Wilayah Ini

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mendukung penuh Kawasan Industri Halal (KIH) di Kabupaten Gresik. KIH akan meliputi wilayah Kecamatan Manyar

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
Istimewa/ Humas Pemkab Gresik
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin (kanan) bersama Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (kiri) saat di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Selasa sore (9/11/2021) lalu 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mendukung penuh Kawasan Industri Halal (KIH) di Kabupaten Gresik. KIH akan meliputi wilayah Kecamatan Manyar, Bungah, dan Sidayu.

Hal ini disampaikan Kyai Ma'ruf saar menerima audiensi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Selasa sore (9/11/2021) lalu.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit ini, Wapres mengungkapkan dukungannya terhadap rencana Pemerintah Kabupaten Gresik yang hendak membangun Kawasan Industri Halal untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Saya kira kita memang mendorong pertumbuhan KIH. Itu memang program pemerintah dan salah satu fokus dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah kita," ucap Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menuturkan bahwa salah satu fokus dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah adalah pengembangan industri halal yakni dengan memperbanyak KIH.

"Meskipun di Jawa Timur sudah ada KIH Safe n Lock Sidoarjo, saya kira tidak apa-apa dikembangkan juga KIH di Gresik," ujarnya.

Untuk itu, Wapres meminta Bupati Gresik untuk segera berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur guna melengkapi segala persyaratan administratifnya.

Baca juga: Adanya Normalisasi Kali Lamong, Desa Langganan Banjir di Cerme Mulai Bernafas Lega

"Yang penting saya kira koordinasi dengan Gubernur, dan kalau sudah memenuhi syarat (lanjut) ke Kementerian Perindustrian untuk memperoleh legalitasnya," imbau Wapres.

Terakhir, Wapres menyebutkan bahwa saat ini sudah ada tiga KIH yang telah memperoleh penetapan dari Kementerian Perindustrian yaitu Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo, Modern Cikande Industrial Estate di Serang-Banten, dan Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved