Breaking News:

Berita Pemprov Jatim

Antisipasi Puncak Musim Hujan, Gubernur Khofifah Tinjau 3 Rumah Pompa di Sampang, Berikut Hasilnya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke tiga titik rumah pompa di daerah aliran sungai Kemuning di Kabupaten Sampang, Sab

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Ndaru Wijayanto
Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke tiga titik rumah pompa di daerah aliran sungai Kemuning di Kabupaten Sampang, Sabtu (13/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke tiga titik rumah pompa di daerah aliran Sungai Kemuning di Kabupaten Sampang, Sabtu (13/11/2021). 

Tiga titik rumah pompa yang ditinjau Gubernur Khofifah yaitu rumah pomda di Jalan Bahagia, rumah pomda di Jalan Delima, dan rumah pompa di kampung dhabukor. 

Bersama jajaran Pemkab Sampang dan juga kepala OPD terkait Pemprov Jatim, kunjungan Gubernur Khofifah di tiga titik rumah pompa ini sebagai bentuk antisipasi puncak musim hujan. 

Sebab, banjir tahunan di daerah aliran sungai ini kerap terjadi dan membanjiri sejumlah kawasan.

Oleh sebab itu, tak ingin kejadian itu terulang tahun ini, Gubernur Khofifah turun guna memastikan bahwa rumah pompa di aliran sungai Kemuning dalam kondisi prima sehingga bisa mencegah potensi bencana banjir maupun bencana hidrometeorologi yang lain. 

Baca juga: Pemotor di Bawah Umur hingga Motor Knalpot Brong Jadi Atensi Saat Operasi Zebra 2021 di Pamekasan

"Pada saat banjir tahun lalu saya sama Pak wakil bupati juga ke sini. Juga ke rumah pompa tiga ini. Saat itu kita lihat ada kerusakan di tiga pompa itu. Ada yang pintunya tidak bisa dibuka karena fiber optiknya hilang, kemudian ada yang pintu airnya tidak berfungsi, ada yang akinya tidak fungsi," papar Khofifah. 

Oleh sebab itu, secara khusus hari ini Khofifah ingin memastikan bahwa tahun ini tifak ada kejadian serupa. Dan memastikan tiga rumah pompa yang memegang kendali sirkulasi air dalam kondisi yang optimal. 

Baca juga: Kepergok Mencuri di Toko Kelontong, Maling Bersenjata Tajam di Sampang Ditangkap, 1 Orang Kabur

"Ini harus cek dan ricek. Kepala Dinas Sumber Daya Air juga sudah saya ingatkan bahwa sebelum apel siaga bencana. Setelah beliau cek saya ingin pastikan kembali bahwa semua berjalan baik," tandas Khofifah. 

Dari sidak hari ini, ditegaskan Khofifah secara umum kondisi tiga rumah pompa ini dalam kondisi baik. Namun ada yang butuh tambahan jenset. Maka akan segera ditambahkan. 

Baca juga: Mobil Dikemudikan Polisi Tabrak Pemotor di Tuban, Nyawa Dua Korban Tak Tertolong

Menurut Khofifah fungsi rumah pompa ini sangat penting. Sebab mengatur sirkulasi air. Untuk mencegah banjir dan juga mengatur air untuk pertanian. 

Lebih lanjut Khofifah mengingatkan bahwa saat ini ada potensi bencana la lina dan hidrometeorologi. Yang memungkinkan akan adanya kenaikan intensitas hujan, yang bisa menimbulkan banjir maupun banjir bandang. 

"Warning ini harus terus disebarkan. Supaya ada saling cek agar membantu sirkulasi air dengan tepat," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved