Breaking News:

Berita Jatim

HKN 2021, Gubernur Jatim Khofifah Ajak Masyarakat Cinta Diri Sendiri dengan Membiasakan Hidup Sehat

Hari Kesehatan Nasional 2021 (HKN 2021), Gubernur Jawa Timur Khofifah ajak masyarakat cinta diri sendiri dengan membiasakan hidup sehat.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Alun Alun Kabupaten Tuban, Kamis (28/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pesan khusus di Hari Kesehatan Nasional 2021 (HKN 2021) yang jatuh pada Jumat (12/11/2021). 

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Jawa Timur untuk mencintai diri sendiri, dengan bentuk utamanya adalah dengan disiplin menerapkan pola hidup sehat. 

Mantan Menteri Sosial itu mengajak masyarakat untuk makan makanan bergizi, olahraga, menjaga kebersihan lingkungan, tidur cukup, memelihara kebersamaan, dan interaksi sosial.

"Pola hidup sehat merupakan wujud nyata mencintai diri sendiri. Ini menjadi pesan utama yang ingin saya sampaikan di Hari Kesehatan Nasional," kata Khofifah. 

Sebagaimana diketahui, Hari Kesehatan Nasional ditetapkan pemerintah pada tahun 1964. Kala itu, pemerintah bekerja keras melawan wabah malaria yang muncul sekitar tahun 1950. 

Ratusan ribu jiwa masyarakat Indonesia terkena wabah tersebut. Pada 1959, pemerintah membentuk dinas pembasmian malaria.

Empat tahun kemudian, nama dinas tersebut diubah menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria atau KOPEM. Pemerintah Indonesia bersama WHO dan USAID menarget malaria hilang pada 1970. 

Namun, pada 1963, sekitar 63 juta penduduk Indonesia sudah terlindungi dari penyakit malaria. Atas keberhasilan itu, pemerintah menetapkan 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional. 

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional kali ini, pemerintah mengangkat tema "Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku." Tema yang selaras dengan kondisi saat ini. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved