Breaking News:

Berita Malang

Akibat Tiang Listrik Disambar Petir, Kabel Listrik Putus Sebabkan Korsleting Hingga Terbakar

Sebuah kabel listrik SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) di Kota Malang mendadak terputus. Kabel itu kemudian terbakar, lalu jatuh di atap salah

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Januar
TRIBUNJATIM.com/ Kukuh Kurniawan
Petugas UPT Damkar Kota Malang saat memadamkan kebakaran kabel listrik dengan menggunakan APAR, Minggu (14/11/2021 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sebuah kabel listrik SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) di Kota Malang mendadak terputus. Kabel itu kemudian terbakar, lalu jatuh di atap salah satu rumah warga.

Beruntung, api tidak sempat membesar dan segera dipadamkan oleh petugas UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang.

Kepala UPT PMK Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengatakan, kejadian itu terjadi di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 307, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang pada Minggu (14/11/2021) sekitar pukul 13.25 WIB.

"Kami mendapat laporan dari pemilik rumah yang bernama Sardjono (65), bahwa ada sebuah kabel listrik terbakar dan menimpa atap rumahnya. Setelah itu, laporan tersebut segera kami tindak lanjuti," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Cara Mencairkan Subsidi Gaji 1 Juta di Rekening Kolektif BNI BRI BTN, Cek Batas Waktu Pencairan BSU

Dalam kejadian itu, pihaknya mengerahkan dua unit mobil pemadan beserta 13 personel. Sesampainya di lokasi kejadian, anggota langsung bergerak memadamkan api.

"Sebelum memadamkan api, kami berkoordinasi dahulu dengan PLN Kota Malang untuk memastikan aliran listrik telah padam. Kemudian, anggota kami bergerak memadamkan kabel listrik yang terbakar itu. Kami padamkan dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dikarenakan obyek yang terbakar adalah kabel listrik, yaitu klasifikasi kebakaran kelas C," bebernya.

Teguh mengungkapkan, kebakaran itu terjadi karena tiang listrik yang berada di dekat rumah pelapor tersambar petir. Dan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tersebut.

"Menurut keterangan dari saksi warga sekitar, salah satu tiang listrik yang berada di sebelah rumah pelapor tersambar petir. Perlu diketahui saat kejadian itu terjadi, Kota Malang sedang diguyur hujan lebat,"

"Akibat sambaran petir, kabel listrik itu putus dan jatuh diatas atap rumah pelapor, lalu mengakibatkan arus pendek listrik sehingga muncul percikan api dan terbakar," pungkasnya.

Kumpulan berita Malang terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved