Breaking News:

Berita Surabaya

Eri Cahyadi Turun Tangan Bersihkan Saluran Air yang Tersumbat Tumpukan Sampah di Surabaya

Volume sampah di Surabaya meningkat pada awal musim penghujan saat ini. Beberapa di antaranya, bahkan sampai menghambat sejumlah saluran air di bebera

TRIBUNJATIM.COM/BOBBY KOLOWAY
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membersihkan saluran air di kawasan Jalan Setro, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari Surabaya, Minggu (21/11/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Volume sampah di Surabaya meningkat pada awal musim penghujan saat ini. Beberapa di antaranya, bahkan sampai menghambat sejumlah saluran air di beberapa perkampungan warga.

Pemkot Surabaya pun menggiatkan kembali kerja bakti massal bersama warga. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin langsung kerja bakti massal ini.

Di antaranya, ada di kawasan Jalan Setro, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari Surabaya, Minggu (21/11/2021). Dengan mengendarai motor, Eri Cahyadi dengan didampingi sejumlah Kepala OPD berkeliling ke perkampungan.

Kawasan ini menjadi salah satu daerah yang menjadi perhatian Pemkot. Sebab, besarnya timbunan sampah mengakibatkan air tak mengalir dengan menyebabkan banjir di perkampungan.

Baca juga: Rumah Senilai Belasan Miliar Dilelang Bank, Warga Surabaya Ini Cari Keadilan hingga Surati Presiden

Di seluruh Surabaya, saban hari sampah yang dibersihkan mencapai puluhan ton. Data dari Dinas Kebersihan Dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, volume sampah meningkat 20-30 persen saat memasuki musim penghujan.

Selama sehari, ada sekitar 80 ton sampah diangkut. Mayoritas sampah yang dibersihkan tersebut berasal dari wilayah barat (31,3 ton), disusul kawasan utara (16,6 ton).

Parahnya, sampah ini juga tersangkut di saluran-saluran air warga. Rendahnya kesadaran warga untuk disiplin membuang sampah di tempat yang disediakan menjadi sumber masalah.

Baca juga: Pilu Guru Ngaji di Surabaya Jadi Korban Curanmor, Motor Raib di Masjid saat Setorkan Uang Infak

Saat berada di Setro, Cak Eri berhenti di beberapa titik. Ia menginstruksikan jajarannya melakukan normalisasi saluran.

Cak Eri bersama beberapa Kepala OPD ikut bergotong-royong mengangkut sampah hasil pengerukan. Alat berat beserta dump truk dikerahkan untuk mempercepat proses pembersihan.

Cak Eri menjelaskan, ia mendapatkan sejumlah laporan dari warga di sejumlah RW Kelurahan Gading. Sebab, ketika hujan deras turun, wilayah perkampungan mereka terjadi genangan.

Baca juga: Eri Cahyadi Masuk Gorong-gorong di Surabaya Barat, Kaget Lihat Lumpur Tutupi Separuh Box Culvert

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved