Berita Malang

Polresta Malang Kota Akan Segera Miliki Mobil INCAR, Ditargetkan Beroperasi di Awal Tahun 2022

Polresta Malang Kota akan segera memiliki mobil INCAR. Rencananya, mobil tersebut ditargetkan akan beroperasi di awal tahun 2022.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/istimewa
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat mengecek kamera mobil INCAR 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Polresta Malang Kota akan segera memiliki mobil INCAR. Rencananya, kendaraan tersebut ditargetkan akan beroperasi di awal tahun 2022.

Seperti diketahui, INCAR merupakan singkatan dari Integrated Node Capture Attitude Record.

INCAR memakai sistem artifical intelligence, merupakan pengembangan dari electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik.

Jadi, kamera yang terpasang pada mobil INCAR secara otomatis akan mengawasi dan menangkap para pelanggar lalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna mengatakan, bahwa pihaknya telah mengajukan pengadaan armada INCAR.

Baca juga: 12 Mobil INCAR Mulai Berpatroli Merekam Video & Foto Bukti Pelanggaran Lalu Lintas di Kawasan Jatim

Karena beberapa pertimbangan kondisi demografi dan geografi Kota Malang, sehingga ada beberapa fitur khusus yang disiapkan.

"Jadi, ini sejenis teknologi E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang terpasang di lalu lintas, tapi ini terpasang di armada patroli. Sehingga, lebih dinamis perpindahannya," ujarnya kepada TribunJatim.com, Senin (22/11/2021).

Dirinya menjelaskan, mobil INCAR tersebut merupakan pengadaan dari Ditlantas Polda Jatim.

Dan selain mobil INCAR, Ditlantas Polda Jatim meluncurkan inovasi bertajuk aplikasi dengan nama SKRIP (Skrining Riwayat Pengemudi). Dalam aplikasi ini, tercatat riwayat sosok pengemudi dan pelanggaran lalu lintas yang pernah dilakukan.

Baca juga: Polda Jatim Mudahkan Warga Cek Pelanggaran E-TLE dan INCAR Lewat Aplikasi SKRIP, Buruan Download!

"Saat ini progres pengerjaannya (mobil INCAR), masih di kisaran angka 25 persen. Pengadaan dari Ditlantas Polda Jatim, dan harapannya di akhir tahun 2021 bisa tuntas dan bisa kami gunakan di awal tahun 2022," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Yoppi ini menerangkan, untuk di Polresta Malang Kota menyiapkan satu mobil INCAR. Nantinya, mobil itu secara berkala akan mengitari ruas jalan di Kota Malang.

Khususnya, di ruas-ruas jalan yang masuk dalam Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL). Dan nantinya dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), pelanggar akan terekam secara otomatis dan terlaporkan ke operator Malang Command Center (MCC) yang berada di Mapolresta Malang Kota.

"Kemudian setelah konfirmasi kepada yang bersangkutan, surat bukti pelanggaran (tilang) akan kami kirimkan ke alamat pelanggar untuk bisa dibayarkan dendanya sesuai prosedur yang berlaku," terangnya.

Dirinya berharap, mobil INCAR Polresta Malang Kota ini diharapkan dapat menekan pelanggaran lalu lintas di Kota Malang.

"Kami berharap masyarakat dapat menaati aturan lalu lintas di Kota Malang. Mari bersama-sama jaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved