Breaking News:

Muktamar NU

Warga Nahdlatul Ulama di Jatim Menyumbang untuk Muktamar NU ke-34, Himpun Dana Rp 2,6 Miliar

Warga Nahdlatul Ulama di Jawa Timur menyumbang untuk kesuksesan Muktamar NU ke-34, himpun dana Rp 2,6 miliar.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Penyerahan tahap pertama hasil Koin Muktamar dari Nahdlatul Ulama Jawa Timur kepada PBNU yang berlangsung di Jakarta, 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Warga Nahdlatul Ulama di Jawa Timur antusias menyambut gelaran Muktamar NU ke-34 di Lampung mendatang.

Upaya untuk mensukseskan gawe besar itu, diwujudkan dengan dana swadaya yang dikumpulkan oleh Nahdlatul Ulama Jawa Timur

Hal itu dilakukan lewat program Koin Muktamar yang telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Hingga saat ini, setidaknya terhimpun dana sebesar Rp 2,6 miliar .

Ketua NU Care-Lazisnu Jawa Timur, Ahmad Afif Amrullah mengatakan, sebagai penanggung jawab, pihaknya sudah menyetor sebagian kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

Tahap pertama sudah disetor dan diterima langsung oleh Rais Am PBNU dan Bendahara Umum PBNU di Jakarta. 

"Sementara ini terkumpul kurang lebih Rp 2,6 miliar. Yang sudah disetor awal November sekitar Rp 1,4 miliar. Karena sisanya kan baru masuk," kata Ahmad Afif Amrullah saat dikonfirmasi, Selasa (23/11/2021). 

Sejatinya, gerakan ini sudah dilakukan sejak akhir tahun 2019, tepatnya sebelum pandemi Covid-19 (virus Corona). Karena Muktamar NU ke-34 sempat ditunda, gerakan ini sempat dihentikan sementara. 

Baru setelah ada pengumuman keputusan untuk menggelar Muktamar di tahun ini, gerakan Koin Muktamar kembali dilakukan. Semangatnya adalah untuk kemandirian dan suksesnya hajatan besar itu. 

Dikatakan Ahmad Afif Amrullah, penggalangan dana itu dihasilkan dari upaya kolektif dan keumatan oleh pengurus NU di cabang, bersama pengurus di tingkat kecamatan dan desa. Termasuk juga dengan lembaga lain di internal NU. 

Baca juga: Setuju Regenerasi, 27 PWNU Dukung Keinginan Rais Am PBNU Percepat Muktamar NU ke-34

"Alhamdulillah para pengurus sangat semangat dan menyambut baik gerakan kemandirian ini, sehingga sampai hari ini sudah terkumpul Rp 2,6 miliar," ungkapnya. 

Menurut Afif, dengan terkumpulnya dana sebesar itu menunjukkan semangat yang luar biasa dari kalangan Nahdliyin di Jawa Timur. Apalagi, berdasarkan informasi yang ia peroleh, baru Jawa Timur yang menyetor dana swadaya tersebut. 

"Apa yang dilakukan oleh warga NU di Jawa Timur ini luar biasa," sambungnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved