Berita Jatim

Atlet Berprestasi di Jatim yang Juga Penghafal 6 Juz Alquran Diberi Khofifah Beasiswa hingga S3

Atlet berprestasi di Jawa Timur yang juga penghafal 6 juz Alquran, Utiqo Romadlona Ummi Auna, diberi Gubernur Khofifah beasiswa hingga S3.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan jaminan pendidikan hingga kuliah S3, pada atlet bernama Utiqo Romadlona Ummi Auna yang telah membawa harum nama Jatim di kancah internasional, Selasa (23/11/2021).Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan jaminan pendidikan hingga kuliah S3 pada atlet 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tidak main-main memenuhi janjinya untuk memberikan beasiswa pada atlet berprestasi di Jawa Timur. 

Tak tanggung-tanggung, Khofifah Indar Parawansa bahkan memberikan jaminan pendidikan hingga kuliah S3, pada seorang atlet bernama Utiqo Romadlona Ummi Auna yang telah membawa harum nama Jawa Timur di kancah internasional. 

Secara khusus, pemberian penghargaan, tali asih dan juga beasiswa S3 untuk Auna digelar oleh Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (23/11/2021).

Sebagaimana diketahui, Auna adalah atlet wushu yang berhasil meraih peringkat I di ajang International Wushu Federation (IWUF) Wushu Taolo Competition 2021.

Prestasi Auna yang juga merupakan siswi Kelas VII SMP Khadijah Surabaya ini sangat membanggakan. Pasalnya ia berhasil menduduki peringkat pertama kategori tangan kosong dalam kejuaraan yang diikuti lebih dari 1.000 peserta dari 61 negara ini. 

Dengan perolehan nilainya mencapai 8.843. Sementara kategori dengan pakai golok mendapatkan medali perak.

Saat dijumpai media, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa bangga atas capaian prestasi yang diraih Auna dalam ajang Wushu Federation (IWUF) Wushu Taolo Competition 2021. 

Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Provinsi Jawa Timur. Terlebih, jelain jago wushu, Auna pun telah hafal 6 juz Alquran. 

"Selamat kepada ananda Utiqo Romadlona Ummi Auna atas prestasi membanggakan di ajang IWUF Wushu Taolu Competition 2021. Saya ikut berbangga hati. Semoga prestasi ini menginspirasi siswa Jatim lainnya untuk terus berperestasi di kancah nasional dan internasional," pujinya.

Atas prestasi tersebut, Khofifah berharap kepada KONI Jatim bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim dapat memberikan pembinaan yang lebih terkontrol dan profesional untuk Auna. 

Baca juga: UWP Surabaya Wisuda 863 mahasiswa, Ada 26 Mahasiswa Dapat Beasiswa Lanjut S2

Sehingga akan bisa terus menggali potensi dan prestasi dari Auna. Selain itu, KONI Jatim dapat menyiapkan beasiswa hingga jenjang S3. 

"Luar biasa Auna tentu kami bangga dan haru karena ia tetap semangat luar biasa meskipun telah kehilangan ayahnya karena Covid-19. Selain prestasi di bidang olahraga, Auna juga menghafalkan Alquran sudah sampai 6 juz hafalannya," kata Khofifah. 

"Maka Saya menitipkan kepada Ketua KONI Jatim dibina lebih ter-manage lewat KONI. Serta KONI Jatim akan menyiapkan beasiswa hingga S3," pungkasnya.

Sementara itu, Auna mengatakan, kegemarannya dalam melakukan wushu dimulai sejak kelas 2 SD. Putri ketiga dari Nuri Latifah tersebut terinspirasi oleh kakak kandungnya untuk berlatih wushu di Sasana Yasanis. 

"Saya sudah dari kelas 2 SD mulai latihan wushu. Memilih wushu karena terinspirasi dari kakak. Alhamdulillah saya sudah mengikuti 5 kejuaraan wushu internasional," kata Auna. 

Kini atlet remaia itu berusia 12 tahun. Meski pandemi Covid-19 dan sibuk dengan sekolah online, ia mengaku tetap konsisten berlatih. Kini sembari sekolah tatap muka, ia juga masih berlatih selama tiga jam setiap hari.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung menilai Auna merupakan bibit unggul Atlet Wushu Jatim. KONI Jatim akan menyelerasakan prestasi tiga sektor dan subsektor ini, sehingga bisa menjadi bibit unggul ke depan.

"Jadi Auna mampu mengalahkan atlet lainnya dari 61 negara. Sangat ketat persaingannya banyak didominasi atlet dari China. Dan terima kasih bu gubernur yang telah memberikan atensi kepada para atlet yang dibutuhkan, hingga disapa dengan hati sungguh luar biasa," jelas Erlangga Satriagung

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved