Breaking News:

Berita Surabaya

Bukan Sekadar Blusukan, Eri Cahyadi Tangani Genangan di Surabaya Lewat Cara Ini

Lebatnya hujan di Surabaya pada awal musim penghujan tahun ini mengakibatkan timbulnya genangan di sejumlah titik. Bukan hanya merendam jalan

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau sejumlah lokasi yang tergenang air di awal musim penghujan tahun ini. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lebatnya hujan di Surabaya pada awal musim penghujan tahun ini mengakibatkan timbulnya genangan di sejumlah titik.

Bukan hanya merendam jalan, genangan ini bahkan ada yang mencapai rumah warga.

Mengatasi hal ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan sejumlah penanganan cepat. Bukan sekadar mengatasi secara insidental, Cak Eri juga berupaya agar genangan tak terjadi kembali di waktu berikutnya.

Misalnya saat Cak Eri blusukan bersama Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya di beberapa lokasi sepekan terakhir. Di beberapa lokasi, Cak Eri langsung memberikan sejumlah solusi.

Kepala Bidang Pematusan DPUBMP Surabaya, Eko Yuli Prasetya mengatakan, bahwa Cak Eri menginstruksikan penanganan genangan itu dilakukan dengan melihat setiap kasus permasalahan. Misalnya, dengan melihat dari sisi kapasitas saluran, tingginya sedimen lumpur, hingga sampah yang menyumbat.

"Jadi penanganan genangan itu dilihat dari kasusnya. Misal dari kondisi saluran. Kalau kapasitas saluran kecil, maka kita besarkan, atau ada sedimen kita lakukan pengerukan (normalisasi)," kata Eko, Rabu (24/11/2021).

Misalnya, saat terjadi genangan di kawasan Lontar. Cak Eri meninjau lokasi dan langsung menginstruksikan jajarannya membangun dua bozem dan meninggikan jembatan untuk mengatasi genangan.

Pada blusukan tersebut, Cak Eri juga mengarahkan jajarannya agar membangun crossing saluran. Ini untuk menyelesaikan kasus genangan akibat luberan air di Danau Unesa Kampus Lidah Wetan.

Penanganan serupa juga dilakukan untuk mengatasi genangan yang terjadi di kawasan ketintang. Di sana,  pemkot memasang box culvert.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved