Breaking News:

Berita Pasuruan

Keberadaan Kandang Ayam di Pekoren Kabupaten Pasuruan Dikeluhkan Warga, Ternyata Tak Berizin

Sebuah kandang ayam di Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan dikeluhkan masyarakat setempat.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/GALIH LINTARTIKA
Satpol PP saat meninjau kandang ayam tak berizin di wilayah Pekoren. 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Sebuah kandang ayam di Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan dikeluhkan masyarakat setempat.

Keberadaan kandang ayam yang diduga tak berizin ini sangat mengganggu, baik bau kotoran ayamnya ataupun limbah lainnya.

Muslim, salah satu pemilik tanah di dekat kandang ayam ini menyesalkan keberadaan kandang ayam tersebut. Ia mengaku sudah memberi toleransi selama dua tahun.

"Ternyata dua tahun ini tidak ada itikad baik dari pemiliknya. Kandang tidak rutin dibersihkan, limbahnya mencemari lingkungan," katanya, Rabu (24/11/202

Dia mengaku mengalami kerugian karena posisi kandang ada di akses jalan masuk tempat usahanya di wilayah Pekoren.

Baca juga: Keluhkan Bau Sampah, Warga Desa Oro-oro Ombo Kulon Datangi DLH Kabupaten Pasuruan untuk Minta Solusi

Menurutnya, kondisi kandang yang kumuh ini membuat tidak nyaman pelanggannya. "Ya yang mau masuk lewat kandang ini juga risih, kotor dan banyak lalat," urainya.

Ia berharap, pemerintah desa, kecamatan hingga Kabupaten segera merespon keberadaan kandang ayam yang tidak berizin dan mencemari lingkungan seperti ini.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti laporan dari warga Pekoren yang keberatan dengan kandang ini.

Baca juga: Keji, Seorang Suami di Driyorejo Gresik Habisi Nyawa Istri dan Tusuk Kepala Anak

Disampaikannya, pihaknya sudah monitoring ke lapangan empat hari yang lalu. Ia menyebut, saat ke lapangan anggotanya tidak ketemu dengan pemilik kandang.

"Dari hasil di lapangan, kandang ini memang belum melaporkan usahanya yang skala mikro ke desa atau ke camat bahkan ke pemkab," katanya.

Untuk itu, ia sudah merekomendasikan pemilik kandang ayam skala mikro ini untuk segera melaporkan terkait dengan aktifitas usahanya ke pihak terkait.

Baca juga: 6 Tersangka Ditahan dan 1 Dipulangkan Kasus Pelecehan Seksual dan Penganiayaan Pelajar SD di Malang

"Sudah kami tegur untuk segera melakukan pengurusan izin. Kami juga sudah arahkan untuk diselesaikan mulai desa, kecamatan hingga kabupaten," paparnya.

Camat Rembang Iyo Ashari mengatakan, lokasi kandang ayam itu sudah didatangi Satpol PP Kabupaten Pasuruan. Ia mengaku sudah pernah mengingatkan pemilik kandang.

"Sudah pernah saya ingatkan, tapi tidak ditindaklanjuti. Ya harus diberhentikan, kalau memang itu tidak ada izinnya, apalagi dekat pemukiman," pungkas dia.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved