Breaking News:

Berita Gresik

Berlagak Pembalap, Remaja di Gresik Geber Knalpot Brong di Jalan, Finish di Kantor Polisi

Pemandangan tak lazim terjadi di halaman Polsek Manyar. Seorang pemuda memasang onderdil motor kembali seperti standar pabrikan lantaran terjaring raz

Penulis: Willy Abraham | Editor: Ndaru Wijayanto
Polsek Manyar.
Nekat geber motor protolan knalpot brong berakhir di kantor polisi, Rabu (24/11/2021) 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Pemandangan tak lazim terjadi di halaman Polsek Manyar. Seorang pemuda memasang onderdil motor kembali seperti standar pabrikan lantaran terjaring razia knalpot brong (knalpot racing).

Fatichul Kamilul Haq (18), pemuda warga Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Gresik tak menyangka bakal berurusan dengan Polisi. Ia dihentikan Polisi ketika menggeber motor bebek sport yang dipreteli di jalan raya Sukomulyo.

Bukan tanpa sebab, suara knalpot motor yang ditunggangi Fatiq mengeluarkan suara bising memekakkan telinga. Ketika itu bertepatan sedang ada anggota Polsek Manyar tengah melakukan patroli rutin Harkamtibmas.

Kaget dihentikan Polisi, pemotor yang tidak memakai helm keselamatan ini tak berkutik menghentikan aksi geber-geber di jalan raya.

Baca juga: Banyak Pelajar di Kota Mojokerto Terjaring Razia Knalpot Brong, Orangtua Pelanggar Akan Dipanggil

Bukan hanya helm, kelengkapan standar sepeda motor seperti lampu sein tidak ada. Bahkan ban yang dipakai juga tidak sesuai ketentuan.

Aiptu Moh Fahrur Rozi bersama Bripka Hadi yang mendapati pemotor berlagak pembalap ini, langsung memberi pencerahan jika aksi yang dilakukannya bisa membahayakan keselamatan diri juga pengguna jalan yang lain.

"Motor protolan langsung diangkut mobil patroli Polisi untuk diamankan agar tidak menimbulkan potensi kecelakaan lalu lintas," kata Rozi, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Mengaku Dapat Bisikan Gaib, Pria di Ponorogo Dua Kali Gali Makam Sang Istri yang Telah Meninggal

Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan dua pekan terhitung tanggal 15 November 2021 hingga tanggal 28 November 2021 Polres Gresik menggelar operasi zebra.

"Kegiatannya diprioritaskan pada pencegahan Covid-19. Juga menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas)," terangnya.

Pihaknya tidak akan sungkan-sungkan menindak pengendara yang berpotensi menyebabkan laka lantas.

Baca juga: Pembunuh Istri dan Aniaya Anak di Driyorejo Gresik Ditemukan Tewas Ditabrak Kereta Api

Terkait sanksi bagi pemotor dengan knalpot tidak sesuai ketentuan, mengharuskan untuk melengkapi surat-surat seperti SIM dan STNK.

"Juga memasang kembali onderdil motor sesuai standar sebagai syarat bisa membawa pulang motor yang diamankan." imbuhnya.

Windu juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan ketentraman guna terjaganya kondusifitas Kamtibmas.

Jika memang beraktivitas di luar rumah harus menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved