Breaking News:

Berita Surabaya

Digelar Pameran Cagar Budaya Bertemakan Kereta Api Riwayatmu Dulu di Stasiun Gubeng Baru

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, menggelar Pameran Cagar Budaya dengan bertemakan Kereta Api Riwayatmu dulu, di Stasiun Gubeng Baru dari t

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/FEBRIANTO RAMADANI
Pengunjung tengah melihat materi peninggalan kereta api dari beberapa periodesasi, pameran Stasiun, bertemakan Kereta Api Riwayatmu dulu, di Stasiun Gubeng Baru, Kamis (25/11/2021) 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, menggelar Pameran Cagar Budaya dengan bertemakan Kereta Api Riwayatmu dulu, di Stasiun Gubeng Baru dari tanggal 22-26 November, pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Enik Yumastuti, Koordinator Pameran, mengatakan, kegiatan ini tidak lepas dari tugas dan peran serta BPCB dalam pelestarian, pelindungan, pengembangan dan pemanfaatan terhadap cagar budaya.

"Cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa yang sangat penting manfaatnya, untuk pemahaman dan pengembangan sejarah ilmu pengetahuan, maupun kebudayaan," ujarnya ketika ditemui di lokasi, Kamis (25/11/2021). 

Sehingga, lanjut Enik, perlu dilestarikan demi menumbuhkan kesadaran jati diri bangsa dan memotivasi generasi muda mencintai sejarah budayanya. Banyak sekali peninggalan yang ditangani dalam upaya pelestarian cagar budaya.

Baca juga: Lakukan Ekskavasi Berat, BPCB Jawa Timur Temukan Alur Sumber Air Kuno di Kota Madiun

"Meliputi dari beberapa masa periodisasi. Ada masa prasejarah diperlihatkan artefak kapak genggam, mata panah. Jadi ini membuktikan adanya kehidupan manusia sebelum masa sekarang," tuturnya 

"Kemudian masa hindu budha ada beberapa peninggalan arca dewa, bukti nyata bahwa masa hindu budha menunjukkan dewa dewa yang dipuja penganut agama. Lalu periodesasi masa islam munculnya beberapa kerajaan agama islam di jawa. Setelah itu masuk ke masa kolonial penjajahan," jelasnya.

Lebih lanjut dirinya memaparkan, masa kolonial masih dalam penjajahan. Didalamnya terdapat peninggalan bangunan yang sudah termasuk kategorikan cagar budaya.

Baca juga: Temuan Benda Purbakala di Menang Pagu Kediri, BPCB Jatim Duga Jadi Sumber Air Kerajaan Kadhiri

"Kami mengangkat tema kereta api karena perkembangannya dari beberapa tahun. Belanda pada zaman dahulu menggunakan transportasi ini untuk mengangkut hasil bumi dari Indonesia ke luar negeri. Ada beberapa perkembangan yang bisa dilihat dari jalur  atau trek sampai bentuk kereta api masa kuno," terangnya.

Dari beberapa bangunan kolonial berupa stasiun kuno di Jatim, BPCB sudah melakukan kegiatan pelestarian pendataan bangunan tersebut. Terutama stasiun peninggalan era kolonial juga dicatat.

"Disini kami mengingatkan kembali pada generasi muda dan masyarakat bahwa benda benda mempunyai nilai sejarah bagi ilmu pengetahuan. Harapan nanti dalam pameran selanjutnya sebagai media publikasikan pentingnya pelestarian cagar budaya masyarakat. Kedepan akan ditempatkan tempat tempat publik di stasiun, bisa mall dengan tema yang berbeda beda. bisa diulas kembali dengan konsep materi yang lebih kompleks," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved