Breaking News:

Berita Malang

Kades di Kabupaten Malang Ditangkap, Diduga Selewengkan Dana Desa Ratusan Juta

Baru-baru ini seorang Kepala Desa (Kades) Tulus Besar, Kecamatan Tumpang, Hudi Mariyono ditahan  Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang sejak Seni

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Ndaru Wijayanto
Thawornnurak
ILUSTRASI DITAHAN - Kades di Kabupaten Malang Ditangkap, Diduga Selewengkan Dana Desa Ratusan Juta 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Seorang Kepala Desa (Kades) Tulus Besar, Kecamatan Tumpang, Hudi Mariyono ditahan  Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang sejak Senin (22/11/2021).

Kepala Desa Tulus Besar ditahan atas dugaan kasus korupsi atau penyelewengan dana desa (DD) tahun 2020.

Hudi ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Lowokwaru, Malang. Penahanan selama 20 hari dengan tujuan tersangka agar tidak kabur dan menghilangkan barang bukti.

Dugaan penyelewengan dana meliputi DD dan ADD untuk proses pembangunan di Desa Tulus Besar. Tersangka diduga membuat laporan fiktif. Kerugian negara ditaksir oleh Inspektorat Kabupaten Malang sebesar Rp 240 juta.

Baca juga: Penyidik KPK Periksa 15 Saksi di Probolinggo, Termasuk Kakak Hasan Aminuddin dan Dua Ajudan Bupati

Menanggapi hal tersebut, Inspektur Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti menerangkan masih adanya kades terjerat korupsi karena tak paham aturan DD dan ADD

"Perlu terus memahami aturan yang ada karena itu penting sekali. Penyelewengan sangat dilarang. Saat ini kami telah menerima pengaduan masyarakat. Saat ini masih mendalami ada tidaknya kerugian negara atas dumas (pengaduan masyarakat) tersebut, artinya ada beberapa desa,” beber Tridiyah ketika dikonfirmasi pada Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Warga Malang Ini Curiga Lihat Sesuatu Mengapung, Setelah Didekati Ternyata Jasad Posisi Tengkurap

Mengenai penahanan Kades Hudi, Tridiyah mengatakan pihaknya menunjuk penanggung jawab jabatan untuk mengisi kekosongan jabatan.

“Saat ini proses setelah mendapat surat penahanan, proses untuk pemberhentian sementara. Ini merupakan dalam rangka menjaga kondusifitas kami tunjuk PJ,” terang Tridiah.

Baca juga: Mengaku Dapat Bisikan Gaib, Pria di Ponorogo Dua Kali Gali Makam Sang Istri yang Telah Meninggal

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved