Breaking News:

Berita Jatim

Momentum Hari Guru Nasional, PDIP Jatim Sebut Peran Guru Sangatlah Besar

Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, para guru memiliki sumbangsih besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno, 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, para guru memiliki sumbangsih besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tidak saja sebagai pengajar, guru merupakan pembimbing generasi penerus bangsa. 

Demikian disampaikan Sri Untari Bisowarno, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim yang juga anggota DPRD Jatim, sebagai catatan refleksi Hari Guru Nasional, Kamis (25/11/2021). 

Baca juga: Liputan Aksi Bonek, Jurnalis TV Lokal di Surabaya Malah Jadi Korban Copet, Ponsel Raib

"Guru menurut saya sebagai penjaga tonggak etika dan edukasi, maka dibutuhkan guru-guru yang mampu memberikan suri tauladan bagi seluruh siswa siswanya," kata Untari kepada awak media. 

Menurut Untari, pembelajaran paling efektif adalah dengan memberikan contoh yang baik. Para Guru, diharapkan dapat memberikan contoh kehidupan bersosial dan bermasyarakat berdasarkan pada pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu mengatakan, negara tengah berupaya maksimal dalam memenuhi kewajiban guna meningkatkan kesejahteraan guru. 

Anggota Komisi E itu menyebut berbagai bentuk perhatian negara diantaranya sertifikasi dan tunjangan kepada guru tetap dan honorer telah diberikan.

Untari berharap, peningkatan kinerja dapat terus dilakukan. Misalnya, dalam rangka menghadapi revolusi industri 5.0 yang akan segera datang.

Dikatakan Untari, pihaknya berharap para guru juga mampu meningkatkan kompetensi diri. Diantaranya adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat. 

Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang menuntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Sektor pendidikan juga termasuk di dalamnya. 

"Maka semua guru harus juga beradaptasi dengan mampu menyesuaikan dengan zaman yang sedang berkembang," ungkapnya menambahkan. 

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved