Breaking News:

Berita Gresik

Bupati Gresik Dorong Desa-desa di Gresik Melek Digitalisasi dan Ciptakan Inovasi Modern

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mendorong desa-desa di Gresik untuk mengimplementasikan digitalisasi dalam upaya mendorong semakin dinamisnya sistem

Penulis: Willy Abraham | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Willy Abraham
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat memimpin rapat bersama BPD se Kecamatan Menganti dan Cerme, Sabtu (27/11/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mendorong desa-desa di Gresik untuk mengimplementasikan digitalisasi dalam upaya mendorong semakin dinamisnya sistem informasi di tingkat pedesaan.

Selain juga sekaligus sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan mewujudkan pembangunan desa digital.

Hal tersebut diungkapkan Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik saat menghadiri forum diskusi bersama Kepala Desa se-Kecamatan Menganti dan BPD se-Kecamatan Cerme.

Gus Yani mengungkapkan, kendati pandemi Covid-19 belum berakhir, namun Gus Yani mengajak semua masyarakat untuk bisa beradaptasi di tengah pandemi yang diimbangi dengan menciptakan inovasi baru yang modern.

"Meskipun di tengah pandemi saat ini, jangan menyurutkan semangat kita untuk maju. Kita harus mampu beradaptasi. Ditambah lagi seiring perkembangan zaman saat ini, kita harus memiliki inisiatif untuk dapat mengikuti arus teknologi," kata Gus Yani, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS: Mobil Elf Ponpes Gadingmangu Jombang Terlibat Kecelakaan di Kediri, 4 Orang Tewas

Menurut Gus Yani, merupakan hal yang penting bagi desa-desa untuk membuat platform atau kanal berbasis web untuk digunakan memajukan desa.

Terutama dalam hal basis data penduduk agar dapat diketahui kondisi penduduk tersebut secara cepat dan akurat dengan mengacu pada digitalisasi yang ada.

"Desa harus mulai berbenah, bikin sebuah platform dan mulai melakukan pendataan valid. Dengan platform tersebut bisa dimasukkan data-data misalnya, terkait kondisi penduduk, status vaksinasi, tingkat kemiskinan atau juga terkait aset-aset yang dimiliki desa. Jadi semua bisa akses dan mengontrol secara luas," katanya.

Namun, lanjut Gus Yani, data yang diinput harus benar-benar valid.

Selain itu, Gus Yani juga berpesan agar ada kerjasama yang baik antara Kepala Desa dan BPD. Sebab kemajuan desa akan terwujud jika keduanya menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik.

"Ini demi kemajuan desa dan demi kemaslahatan masyarakat di desa masing-masing," pungkas Gus Yani.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved