Breaking News:

Berita Probolinggo

Studi Tiru ke Perpustakaan Patriot Probolinggo, Desa Belajar Kelola Perpus ke Pemuda Brumbungan Lor

Lewat studi tiru ke Perpustakaan Patriot Probolinggo, pengurus perpustakaan desa meniru pengelolaan perpustakaan yang dilakukan Pemuda Brumbungan Lor

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
Pengurus perpustakaan desa di Kabupaten Situbondo saat melakukan Studi Tiru ke Perpustakaan Patriot milik pemuda Karang Taruna / Karta Brumbungan Lor, Probolinggo yang tergabung dalam Heppiii Community. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Perpustakaan Patriot milik pemuda Karang Taruna / Karta Brumbungan Lor, Probolinggo yang tergabung dalam Heppiii Community  makin terkenal di Jawa Timur.

Kali ini secara khusus pengurus perpustakaan desa di Kabupaten Situbondo datang untuk meniru apa yang dilakukan anak-anak muda di Brumbungan Lor itu.

Kegiatan studi tiru ini berlangsung pada Rabu (10/11). Setidaknya ada delapan perwakilan dari pengurus perpustakaan di desa-desa Situbondo yang melihat secara langsung bagaimana perpustakaan ini dikelola dengan sangat profesional.

"Ketika ada kunjungan ini kami jelaskan kepada mereka mengenai sejarah perpustakaan ini, kemudian pengelolaannya yang memang kami libatkan masyarakat sekitar. Seperti saat belajar secara online awal saat pandemi dulu, kami dampingi para siswa belajar sekaligus kami sediakan fasilitas berupa internet gratis," kata Ketua Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Faqih Rizky Muhammad pada Minggu (28/11/2021).

Baca juga: Karang Taruna Tompokersan Bangun Kafe Literasi Heppiii, Warga Mulai Rajin Datang ke Perpustakaan

Perpustakaan ini juga makin berkembang dengan menambah tempat ternak lele sebagai bagian dari cara Karta Heppiii Community untuk bisa lebih mandiri dan syukur-syukur menghasilkan.

Koleksi buku di tempat ini genrenya juga beragam, dari pendidikan jenjang SD hingga perguruan tinggi, buku soal politik, hukum, kemudian kewirausahaan juga banyak disediakan pengurus.

Kondisi ini mempermudah masyarakat sekitar untuk mengakses berbagai disiplin ilmu, tidak hanya untuk pelajar, namun petani, pedagang, nelayan juga bisa mengakses karena koleksi bukunya sangat lengkap.

Hal inilah yang akan ditiru oleh para pengurus perpustakaan desa di Situbondo. Pertimbangan lain kenapa perpustakaan Patriot diminati juga karena sebelumnya menjuarai kompetisi perpustakaan di Probolinggo.

Kemudian masuk nominasi perlombaan perpustakaan desa/kelurahan tingkat Jawa Timur. Pengurus perpus Patriot selama ini juga turut mendampingi anak-anak untuk belajar kelompok di perpustakaan. (*)

Baca juga: Gubernur Khofifah Kenalkan Inovasi Perpustakaan yang Layani Sistem Drive Thru Bernama DJatim

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved