Breaking News:

Berita Nganjuk

Disparporabud Nganjuk Gelar Pameran Temporer Museum, Tumbuhkan Kecintaan Generasi Muda pada Museum

Disparporabud Nganjuk menggelar Pameran Temporer Museum untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda pada museum.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat membuka Pameran Temporer Museum di Museum Anjuk Ladang, Nganjuk, Minggu (28/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk ajak generasi muda cinta museum. Hal itu dilakukan dengan menggelar Pameran Temporer di Museum Anjuk Ladang Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, museum harus dimaknai sebagai masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Dengan demikian, melalui pameran museum tersebut, tidak hanya sekadar menggugurkan kewajiban.

"Tetapi lebih dimaknai bagiamana betul-betul menggali sejarah, kecintaan kepada sejarah, dan memberdayakan masyarakat cinta sejarah museum," kata Marhaen Djumadi, Minggu (28/11/2021).

Di samping itu, dijelaskan Marhaen Djumadi, pameran temporer museum tersebut juga agar generasi muda mengetahui akan sejarah. Terutama tentang apa saja koleksi yang ada di dalam museum tersebut beserta pengetahuan sejarah budaya dari setiap koleksi.

"Siapapun sudah tahu sekarang ini era sudah berubah, maka museum harus bisa berorientasi ke depan. Agar anak-anak muda datang ke museum, sekaligus mencintai sejarah," ucap Marhaen Djumadi.

Baca juga: Persiapan Pembangunan Museum PETA Supriyadi, Pemkot Blitar Merelokasi SMPN 5 ke Eks Gedung SMPN 10

Sementara Kepala Disparporabud Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo menjelaskan, acara Pameran Temporer di Museum Anjuk Ladang tersebut rutin digelar setiap tahun. Pamerah tersebut diikuti puluhan peserta dan mereka berkesempatan membuka stand memamerkan berbagai benda koleksi temporer sejarah sejak ratusan tahun lalu.

"Para peserta juga berasal dari museum daerah lain. Termasuk para pecinta sejarah. Antara lain dari Museum Airlangga Kota Kediri, Pangkasa Gebang Tinatar Kabupaten Ponorogo, dan Pelestari Budaya Kadiri dan sebagainya," tutur Gunawan Widagdo.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved