Breaking News:

Berita Banyuwangi

PMI Banyuwangi Gelar Pemeriksaan Mata dan Operasi Katarak Gratis, Bupati Ipuk Berikan Apresiasi

Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi kembali menggelar pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis bagi masyarakat Banyuwangi, Selasa (30/11/2021).

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Haorrahman
PMI Banyuwangi Gelar Operasi Katarak Gratis 

TRIBUNJATIMCOM, BANYUWANGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi kembali menggelar pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis bagi masyarakat Banyuwangi, Selasa (30/11/2021). Memasuki tahun ke-7 pelaksanaan, aksi sosial ini disambut antusias warga. 

Kegiatan ini hasil kerja sama PMI dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) The John Fawcett Foundation (JFF). Selama enam hari Senin hingga Sabtu (29 November- 4 Desember 2021), masyarakat yang telah mendaftar akan diperiksa secara bergiliran. 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani  yang membuka acara tersebut menyatakan apresiasi yang tinggi kepada PMI dan Yayasan JFF yang kontinyu menggelar aksi sosial ini.

Bagi Ipuk ini adalah sinergi yang positif untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan warga, terutama warga kurang mampu. 

“Ini sinergi yang nyata untuk membantu pembangunan di bidang kesehatan. Kami berterima kasih karena banyak pihak yang membantu penanganan masalah kesehatan di Banyuwangi," jelas Ipuk. 

Dalam kesempatan itu, Ipuk tampak menyapa dan memberikan semangat kepada pasien yang akan melakukan pemasangan bola mata palsu.

Salah satunya, gadis kecil yang tidak memiliki bola mata sebelah kanan sejak lahir. "Semangat ya, Nak,” kata Ipuk menyemangati yang disambut senyum malu-malu Salsabila. 

Ibu gadis tersebut mengaku sebelumnya tidak pernah terpikir melakukan pemasangan bola mata pada putrinya karena terkendala biaya. Namun, dia mengaku lega setelah puskesmas memberi tahu acara ini, dan biayanya gratis. 

“Alhamdulilah. Akhirnya anak saya bisa punya bola mata, meski tidak permanen,” katanya.

Dijelaskan Wakil Ketua I PMI Banyuwangi, Nurhadi bahwa pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis ini sebenarnya adalah kegiatan yang rutin digelar tiap tahun. Namun, akibat covid 19, kegiatan ini terpaksa  tertunda,   

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved