Breaking News:

Berita Gresik

Sekolah di Gresik Gunakan Cara Unik Gelar Penilaian Akhir, Pakai Metode Filosofi Layang-layang

Sekolah di Gresik menggelar penilaian akhir dengan menggunakan metode filosofi layang-layang. Setiap siswa harus membuat layang-layang berdasarkan ilm

Penulis: Willy Abraham | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Willy Abraham
Menggunakan metode layang-layang dalam penilaian akhir sekolah SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Rabu (1/12/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Sekolah di Gresik menggelar penilaian akhir dengan menggunakan metode filosofi layang-layang. Setiap siswa harus membuat layang-layang berdasarkan ilmu pelajaran yang mereka terima di sekolah.

Para siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Gresik membuat layang-layang dengan berbagai bentuk. Mulai dari layang-layang berbentuk burung hantu, segi enam, berhias damar kurung, pudak dan lain sebagainya.

Layang-layang itu diterbangkan secara bersamaan di halaman sekolah. Salah satu siswa, bernama Kayyis Ramadhani Nakanu (16) mengaku penilaian akhir semester dengan membuat project layang-layang.

"Ada hubungan matematika dengan layang-layang. Misal beberapa meter bisa terbang. Pelajaran kimia bahan layang ini agar kita di daur ulang tidak merusak lingkungan. Kami juga menuliskan cita-cita dengan harapan mampu terbang setinggi langit, mau setinggi apapun," terang Kayyis.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 GKB Gresik, Ainul Muttaqin mengatakan penilaian para siswa dalam membuat produk kolaborasi banyak mata pelaJaran kecuali biologi. Menjadi sebuah bentuk dalam layang-layang itu.

"Anak-anak diharapkan mampu mengaplikasikan mata pelajaran apa yang ada di kelas, bersama teman-temannya. Harapannya satu memahami materi, kedua pembelajaran yang menyenangkan," terangnya.

Layang-layang dipilih karena mengandung unsur pelajaran. Di antaranya matematika, olahraga.

"Harapannya ada nilai pembelajaran olah raga, olah pikir, olah rasa mucul di layang-layang itu," tutupnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved