Breaking News:

Berita Lumajang

Polres Lumajang Sebar Ratusan Personel Amankan Pilkades Serentak, Suasana di Desa Sempat Memanas

Polres Lumajang sebar ratusan personel untuk mengamankan Pilkades Serentak, suasana politik di sejumlah desa sempat memanas.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Tony Hermawan
Ratusan personel Polri melakukan apel di Alun-alun Lumajang, Rabu (1/12/2021). Mereka disiagakan di 32 desa untuk mengamankan proses Pilkades Serentak. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Mengawali rangkaian proses Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak di Kabupaten Lumajang, Polres Lumajang menggelar Apel Gelar Pasukan di Alun-alun Lumajang, Rabu (1/12/2021).

Sebanyak 962 personel yang terdiri dari personel Brimob Polda Jatim, Disamapta Polda Jatim, jajaran polres tetangga seperti Polres Jember, Situbondo, Probolinggo, Polresta Probolinggo dan Polres Bondowoso disebar untuk menjaga kondusivitas keamanan di 32 desa yang menggelar Pilkades Serentak. Mereka disiagakan di 320 tempat pemungutan suara (TPS).

Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, semua personel akan menjaga proses keamanan Pilkades Serentak. Mulai dari pendistribusian surat suara, pencoblosan, hingga penghitungan surat suara selesai.

"Untuk tugas pengamanan 70 persen, dan 30 persen melaksanakan patroli," katanya.

Diakui AKBP Eka Yekti Hananto Seno, menjelang hari pelaksanaan Pilkades Serentak pada 2 Desember 2021, suasana politik di desa-desa memanas.

Beberapa desa yang masuk kawasan rawan seperti Kecamatan Padang dan Randuagung, sempat terjadi kekisruhan akibat persaingan para calon kades. Rumah salah seorang pendukung cakades baru diteror bom bondet oleh orang tak dikenal.

“Saya bersama pimpinan daerah sepakat untuk memantau secara langsung pelaksanaan Pilkades nanti. Jadi saya harap masyarakat juga bersama ikut membantu keamanan. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan dan menimbulkan stigma negatif pada saat pemilihan kepala desa," ujarnya.

Baca juga: Hendak Salat Malam, Warga Jember Cium Bau Asap, Mobilnya Terbakar, Berhubungan dengan Pilkades?

Selain persoalan pengamanan Pilkades, AKBP Eka Yekti Hananto Seno juga mengimbau kepada  personelnya selama bertugas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona). Tujuannya agar tidak timbul klaster Covid-19 di lokasi pemungutan suara.

"Ini tantangan dan sekaligus tugas kami. Semuanya, harus berjalan baik, dari segi pengamanan maupun penerapan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved