Breaking News:

Berita Surabaya

Workshop Aplikasi Yankes Presisi, Ini Cara Canggih Polda Jatim Pantau Kesehatan Anggotanya

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim melaksanakan pelatihan peningkatan kemampuan personil kesehatan dalam pengoperasian 'Aplikasi

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/LUHUR PAMBUDI
Kepala Biddokkes Polda Jatim Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA- Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim melaksanakan pelatihan peningkatan kemampuan personil kesehatan dalam pengoperasian 'Aplikasi Yankes Presisi', di Surabaya, Kamis (2/12/2021).

Sebuah aplikasi pemantauan kesehatan bagi internal anggota Polri yang akan membantu mengakomodasi fasilitas pelayanan medis (Fasyankes) milik Polri dalam memberikan penanganan kesehatan para anggota.

Kegiatan tersebut, juga bertujuan untuk menjawab rencana 2022 'Rikkesla All Goverage jajaran Polda Jatim', dan strategi pengelolaan kesehatan personil Jatim.

"Selain itu juga untuk kesehatan personel Polri dapat terpantau melalui aplikasi Yankes Presisi baik oleh Anggota tersebut maupun oleh Pimpinannya secara berjenjang," ujar Kepala Biddokkes Polda Jatim Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim.

Di dalam fitur Aplikasi Yankes Presisi tersebut akan mencakup banyak data penting yang berisi seputar rekam medis para personel Polri.

Mulai dari data medis pemeriksaan kesehatan (Rikkes) yang dihimpun secara berkala, hingga data laporan jumlah anggota sakit dan sedang menjalani perawatan di Fasyankes Polri. 

dr Erwin menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan modul pengolahan data secara berkala dan kontinyu, sesuai situasi tantangan dan kebutuhan di lapangan dalam pelayanan medis.

Melalui mekanisme itu, Biddokkes Polda Jatim akan mengakomodir melakukan analisa dan evaluasi (Anev) data.

Sehingga dari data yang telah dikumpulkan itu, akan dikembangkan menjadi 'Laboratorium Kesmaptaan'.

Sekaligus menjadi bahan kajian bersama tim peneliti dari Universitas Airlangga giat penelitian yang sudah berjalan sebagai bahan Seminar Nasional Kesehatan Personil Polri.

"Personil Sikes/FKTP/RS diharapkan bisa belajar cara pengisian dan update data dimaksud," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved