Breaking News:

Berita Tuban

Wacana Penghapusan Minyak Goreng Curah Belum Disosialisasikan di Tuban: Belum Ada Petunjuk Teknis

Wacana penghapusan minyak goreng curah di pasaran belum disosialisasikan ke pedagang, Diskoperindag Tuban: Belum ada petunjuk teknis.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Sudarsono
Penjual minyak goreng curah di Pasar Baru Tuban menyatakan keberatan dengan rencana penghapusan minyak goreng curah di pasaran, Jumat (3/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Ramai wacana pemerintah akan menghapus penjualan minyak goreng curah di pasaran pada awal tahun 2022.

Namun belum ada sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah kepada pedagang pasar. Seperti halnya di Pasar Baru Tuban.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengatakan, upaya sosialisasi penghapusan minyak goreng curah di pasaran memang belum dilakukan.

"Kita belum sosialisasi terkait penghapusan penjualan minyak goreng ke pedagang pasar," ujar Agus Wijaya saat dikonfirmasi, Jumat (3/12/2021).

Mantan Kabag Humas Pemkab Tuban itu menjelaskan, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis terkait penghapusan minyak goreng curah di pasaran dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sehingga Agus Wijaya mengaku belum berani mengambil langkah lebih jauh, terkait sosialisasi ke sejumlah pasar.

"Belum ada petunjuk teknis dari Kemendag, jadi kita belum sosialisasi," pungkas Agus Wijaya.

Sekadar diketahui, rencana pemerintah mengenai penghapusan minyak goreng curah di pasaran tertuang dalam peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 36 tahun 2020 tentang Minyak Goreng Sawit Wajib Kemasan.

Meski belum diterapkan, ternyata para pedagang dan pembeli minyak goreng curah di pasar tradisional Tuban secara kompak menolak penghapusan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved