Breaking News:

Berita Malang

PMI Kota Malang Terjunkan 12 Personel dan Perlengkapan ke Wilayah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

PMI Kota Malang menerjunkan personel dan bantuan perlengkapan ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang, Ming

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
PMI Kota Malang
Tim PMI Kota Malang saat akan berangkat dari Kantor PMI Kota Malang untuk menuju ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - PMI Kota Malang menerjunkan personel dan bantuan perlengkapan ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021) siang.

Rombongan personel PMI Kota Malang dan bantuan itu, diberangkatkan dari Kantor PMI Kota Malang sekitar pukul 11.48 WIB.

Kepala Pelayanan PMI Kota Malang, Heri Suwarsono mengatakan, ada 12 anggota dan relawan PMI Kota Malang yang diberangkatkan ke lokasi kejadian musibah tersebut.

Dalam tim itu, terdapat satu dokter dan dua perawat, yang siap membantu memberikan pertolongan medis kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kami memberangkatkan anggota dan relawan untuk evakuasi. Sehingga, bisa memberikan bantuan apabila ada kondisi darurat saat di lapangan," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Korban Terdampak Erupsi Gunung Semeru Butuh Bantuan Makanan, Pakaian dan Air Bersih

Dirinya menjelaskan, bahwa pihaknya juga menerjunkan bantuan perlengkapan berupa alat utama evakuasi.

Terdiri dari satu unit Light Rescue Carrier, ambulans, sepeda motor trail, dua unit gergaji mesin, satu unit genset, first aid kit (kotak pertolongan pertama), kabel rol, kotak peralatan, serta truk engkel untuk evakuasi.

Bantuan ini diberangkatkan secara serentak, dengan harapan bisa langsung mempercepat proses penanganan.

Baca juga: Kisah Pilu Holil yang Berusaha Selamatkan Hewan Ternak dari Erupsi Gunung Semeru: Rumah Saya Hancur

"Kami juga sudah menyiapkan bantuan untuk konsumsi. Harapannya, ini dapat membantu memenuhi kebutuhan korban dan relawan selama proses evakuasi berlangsung," terangnya.

Untuk operasional petugas yang dikerahkan, PMI Kota Malang sudah menyiapkan untuk kebutuhan dan keperluan tim. Mulai dari alat kebersihan hingga suplai makanan selama tugas perbantuan ke lokasi kejadian bencana.

"Kami akan langsung menuju ke Lumajang, kami sudah petakan untuk jalur-jalur yang bisa dijangkau. Tim juga sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin, sehingga bisa prima dan maksimal dalam melaksanakan tugas," tandasnya.

Baca juga: Terlambat Selamatkan Diri, Sejumlah Orang Alami Luka Bakar Lahar Panas Gunung Semeru

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved