Breaking News:

Berita Kota Madiun

PT Bukit Asam Tbk dan INKA Sepakat Kembangkan Kendaraan Tambang Berbasis Listrik

PT Bukit Asam Tbk dan INKA Madiun telah bersepakat untuk mengembangkan kendaraan tambang berbasis listrik, agar Indonesia bisa zero emission

TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra
Dirut PT INKA, Budi Noviantoro dengan Dirut PT Bukit Asam, Suryo Eko Hadianto di Komplek Workshop PT INKA, Jalan Yos Sudarso, Kota Madiun, Selasa (7/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - PT Industri Kereta Api (INKA) (Persero) Madiun dan PT Bukit Asam Tbk sepakat untuk bekerja sama dalam mengembangkan kendaraan tambang berbasis listrik.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Dirut PT INKA, Budi Noviantoro dengan Dirut PT Bukit Asam Tbk, Suryo Eko Hadianto di Kantor PT INKA, Jalan Yos Sudarso, Kota Madiun, Selasa (7/12/2021).

Suryo Eko Hadianto mengatakan, ke depan kendaraan tambang dan operasional di Bukit Asam akan diganti secara bertahap dengan kendaraan listrik.

Hal tersebut sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo agar Indonesia bisa zero emission pada tahun 2060.

"Perusahaan diminta kontribusinya untuk menurunkan emisi, termasuk di dunia tambang yang saat ini banyak menggunakan kendaraan berbasis diesel," kata Suryo, Selasa (7/12/2021).

Kendaraan tambang berupa truk di PT Bukit Asam Tbk sendiri saat ini lebih dari 500 unit, sedangkan kendaraan operasionalnya lebih dari 200 unit.

Ke depan, jika kerja sama dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut benar-benar jalan, kendaraan tambang berbasis listrik ini tidak hanya digunakan untuk PT Bukit Asam Tbk, tapi juga perusahaan tambang lainnya.

"Saya melihat ada peluang yang cukup besar karena di Indonesia ini sangat banyak perusahaan tambang yang bisa kita ajak menggunakan kendaraan tambang dari INKA," lanjutnya.

Baca juga: VIRAL Aksi Heroik Pak Yit Halangi Pemotor dari Terjangan Kereta Api di Malang, Begini Respon KAI

Pemilihan PT INKA sebagai produsen kendaraan tambang berbasis listrik menurut Suryo bukan tanpa alasan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved