Breaking News:

Berita Gresik

Tahanan Kejari Gresik Kabur Divonis 1 Tahun 8 Bulan, Sampai Sekarang Masih Belum Ketemu 

Tahanan Kejaksaan Negeri Gresik yang masih kabur telah divonis 1 tahun 8 bulan. Statusnya naik menjadi terpidana bernama  Yosep Bao Open alias

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sugiyono
Kasi Intel Kejaksaan Negeri Gresik Deni Niswansyah menunjukkan foto pegawai Kejari Gresik yang terluka akibat berkelahi melawan tahanan yang kabur, Jumat (3/12/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network  Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Tahanan Kejaksaan Negeri Gresik yang masih kabur telah divonis 1 tahun 8 bulan. Statusnya naik menjadi terpidana bernama  Yosep Bao Open alias Wilhelmus masih belum ditemukan keberadaannya. 

Pengadilan Negeri (PN) Gresik telah menjatuhkan vonis pidana penjara 1 tahun 8 bulan atas kasus pencurian kendaraan bermotor kepada pria berusia 38 tahun itu. 

Humas PN Gresik Fatkhur Rochman menyamapaikan karena sudah dijadwalkan, sidang yang dipimpin majelis hakim Ida Ayu Sri Adriyanthi Astuti Widja itu berlangsung tanpa kehadiran terdakwa. 

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Dalam pasal 12 ayat 2 menjelaskan bahwa dalam hal terdakwa tidak hadir, sedangkan pemeriksaan dinyatakan telah selesai, putusan dapat diucapkan tanpa dihadiri terdakwa.

"Vonis yang dijatuhkan juga sesuai dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu sanksi pidana penjara 1 tahun 8 bulan," kata dia kepada awak media, Selasa (7/12/2021). 

Baca juga: Respon Cepat Bonek Bantu Korban Erupsi Semeru, Kirimkan Tim Khusus ke Lumajang

Dikatakannya, sejak dijatuhi vonis hukuman, status Wilhelmus pun telah berubah menjadi terpidana. 

Terlebih, pihak kuasa hukum belum menyampaikan keberatan untuk proses upaya hukum banding. Hal tersebut dapat dilakukan paling lambat 14 hari pasca vonis dibacakan. Jika tidak ada upaya banding, maka eksekusi bisa dilakukan. 

"Hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihak Kejaksaan," terang Fatkhur.

Tim gabungan dari Kejari Gresik dan Polres Gresik masih memburu Wilhelmus. Terhitung sudah lima hari sejak melarikan diri pada Kamis (2/12/2021) lalu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved