Breaking News:

Berita Bojonegoro

Harkodia Jadi Momentum BPJAMSOSTEK Bojonegoro Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi Kepada Peserta

Peringatan Harkodia menjadi momentum BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro untuk bersatu membangun budaya Antikorupsi kepada peserta.

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ( Harkodia ) Tahun 2021 di Kantor BPJS Ketenagakerjaan / BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Kamis (9/12/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ( Harkodia ) Tahun 2021 dirayakan oleh Kantor BPJS Ketenagakerjaan / BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Kamis (9/12/2021), dengan mengusung tema “Satu Pada Bangun Budaya Antikorupsi”.

Pengganti Pejabat Sementara (PPS)  Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro Ida Dwi Patnurjati mengatakan, peringatan HarKordia bertujuan membudayakan dan membangun kesadaran tentang budaya antikorupsi yang dimulai dari diri sendiri untuk selalu berkomitmen menjunjung tinggi integritas kejujuran dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

“Kita harus memulai sifat dan sikap antikorupsi mulai dari diri sendiri, keluarga kemudian lembaga," ujarnya.

Baca juga: Manfaat Layanan Tambahan Program JHT, Ratusan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Teken Akad KPR Massal

Menurut Ida, korupsi adalah kriminal, tidak bermoral dan pengkhianatan atas kepercayaan publik. Bahkan lebih merusak di saat krisis seperti ini yang dialami dunia sekarang dengan pendemi Covid-19.

"Kegiatan ini rutin kita selenggarakan tiap tahun. Pada kegiatan tahun ini, kita memeriahkan di kantor Cabang Bojonegoro kepada peserta yang hadir, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," jelasnya.

Dalam momentum tersebut, peserta BPJAMSOSTEK diajak menonton film anti gratifikasi dan dapat menikmati makan minum gratis.

Ida mengajak peserta yang hadir melawan korupsi. Salah satu caranya, dengan mengawasi pelayanan BPJAMSOSTEK, yang merupakan bagian dari pencegahan korupsi.

“Kami memiliki whistle blowing system (WBS). Kalau bapak dan ibu menemukan dugaan korupsi, nepotisme, dan gratifikasi, silakan adukan lewat sistem tersebut dengan mengakses wbs.bpjsketenagakerjaan.go.id," tandasnya.

Baca juga: Peringati Harkodia, Karyawan dan Peserta BPJAMSOSTEK Surabaya Tanjung Perak Ikrar Lawan Korupsi

WBS adalah mekanisme
penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana tertentu yang telah terjadi atau akan terjadi yang melibatkan pegawai dan orang lain.

Aksi itu dilakukan dalam organisasi tempatnya bekerja. Pelapor bukan merupakan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya.

Laporan yang disampaikan meliputi dugaan pelanggaran apa, siapa yang bertanggung jawab atau terlibat, dan terkait dengan dugaan pelanggaran tersebut, dimana tempatnya, kapan waktunya, bagaimana pelanggaran itu dilakukan (modus), dan bukti apa yang memperkuat dugaan tersebut.

Pelaporan dilakukan secara daring dan identitas pelapor pasti dirahasiakan.

“Sistem akan secara otomatis merekam laporan dan merahasiakan data pelapor. Ini untuk perbaikan pelayanan kami,” pungkas Ida Dwi Patnurjati.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved