Breaking News:

Berita Kediri

Cegah Praktik Jual Beli Jabatan, Bupati Kediri Sudah Bentuk Tim Khusus, Begini Teknisnya

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana siapkan Tim khusus awasi praktik jual beli jabatan pengisian perangkat desa.

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Ndaru Wijayanto
Tribun Jatim Network/Farid Mukarrom
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat berada di Hall Center Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana siapkan tim khusus awasi praktik jual beli jabatan pengisian perangkat desa.

Terkait kasus jual beli jabatan kali ini, menjadi atensi besar Bupati Hanindhito Himawan Pramono.

Pria yang akrab disapa Mas Dhito ini berkomitmen tegas, akan menjatuhi sanksi bagi siapa saja yang bermain curang dalam proses pengisian perangkat desa.

"Kita tegas siapa saja yang terlibat dalam jual beli jabatan akan kita beri sanksi," ujarnya.

Untuk mendapatkan perangkat desa yang berkompeten, dan bersih dari tindak jual beli jabatan diakui Mas Dhito harus dilakukan perubahan sampai ke akar. 

Pemilihan perangkat yang sebelumnya melibatkan internal Pemkab Kediri, dalam kepemimpinan Mas Dhito pengisian perangkat desa dikembalikan menjadi kewenangan kepala desa.

"Setiap desa harus menggandeng pihak ketiga, pihak ketiga harus dari universitas yang terakreditasi A, tidak boleh ada setting menyeting di dalamnya," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, bulan November sampai Desember 2021 ini proses pengisian perangkat desa dilakukan di 147 desa dengan 305 jabatan perangkat desa. 

Proses ujian seleksi ujian melibatkan pihak Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Malang, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, serta Universitas Islam Negeri (UIN) Tulungagung.

Untuk mengawasi proses pengisian perangkat desa, internal Pemkab Kediri membentuk tim Satgas dari Inspektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) serta bagian hukum Setda Kabupaten Kediri. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved