Breaking News:

Berita Madiun

LPS Sebut Pandemi Covid-19 Tak Berdampak Signifikan Pada Sektor Perbankan

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menyebut adanya Pandemi Covid-19 tak terlalu berdampak pada sistem

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Januar
via Hai.grid.id
ILUSTRASI Uang 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menyebut adanya Pandemi Covid-19 tak terlalu berdampak pada sistem perbankan di Indonesia.

Salah satu tolok ukurnya adalah terlihat jumlah BPR yang ditutup dalam setahun, masih dalam angka rata-rata sama seperti tahun-tahun sebelum Pandemi Covid-19.

"Dari data kami, umumnya BPR yang ditutup disebabkan oleh mismanajemen. Saya mencermati apakah ada BPR yang ditutup karena dampak dari pandemi Covid-19. Ternyata tekanan pada perbankan selama masa pandemi ini masih dapat dikendalikan," kata Purbaya, saat ditemui di Ngawi, Kamis (9/12/2021)

Baca juga: Gresik Diguyur Hujan, Kompleks Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Terendam, Sejumlah Pohon Tumbang

Ia menyebut jumlah rata-rata BPR yang ditutup cenderung sama sejak tahun 2005 hingga 2021 yaitu berkisar enam hingga delapan BPR.

Mantan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Kemaritiman dan Investasi tersebut menyimpulkan hal itu merupakan pertanda baik pada sistem ekonomi Indonesia di tengah guncangan Pandemi Covid-19.

"Pada skala nasional mulai tahun 2005 hingga 2021, total simpanan yang telah kami bayarkan sebesar Rp 1,69 triliun dari 265.797 total rekening. Yang dibayarkan ke bank umum ada Rp202 miliar rupiah dan untuk BPR ada Rp1,49 triliun rupiah," jelas Purbaya.

"Saya melihat ini pertanda baik, artinya setelah tahun 1998 sektor perbankan kita tidak mengalami tekanan yang sangat masif ini bisa jadi karena manajemen yang baik atau memang ekonomi kita baik," lanjutnya.

Namun begitu, pemerintah tak akan lengah, jika kedepan ada sinyal ketidakstabilan sistem perbankan karena dampak Covid-19, Purbaya yang juga anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan melakukan evaluasi pada sistem keuangan yang sedang berjalan.

Kumpulan berita Madiun terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved