Breaking News:

Berita Gresik

Diguyur Hujan Lebat, Rumah Warga di Tlogobendung Gresik Terendam Banjir hingga Satu Meter

Banjir di Kota Gresik kembali melanda warga di bantaran sungai di Desa Tlogobendung Kecamatan Gresik. Rumah warga terendam air sedalam satu meter lebi

Penulis: Sugiyono | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIUNJATIM.COM/ISTIMEWA
Banjir di wilayah Kota Gresik Desa Tlogobendung Kecamatan Gresik menggenangi rumah warga, Sabtu (11/12/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Banjir di Kota Gresik kembali melanda warga di bantaran sungai di Desa Tlogobendung Kecamatan Gresik. Rumah warga terendam air setinggi satu meter lebih, Sabtu (11/12/2021). 

Banjir di wilayah Desa Tlogobendung Kecamatan Gresik disebabkan dari hujan lebat dan waduk Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) tidak berfungsi secara maksimal. Sehingga, air dari sungai meluber ke pemukiman penduduk yang tinggal di bantaran sungai. 

Banjir tersebut sudah kedua kali selama musim hujan ini. Sehingga, masyarakat sangat terganggu. Mulai perabotan rumah tangga rusak, rawan penyakit dan pendapatan berkurang, sebab tidak bisa bekerja. 

“Banjir ini sudah kedua kali. Selama ini tidak ada perhatian dari pemerintah. Seperti bantuan sembako dan normalisasi sungai tidak pernah ada,” kata Usman. 

Dari banjir tersebut, warga berharap segera ada penyelesaian dari Pemkab Gresik. “Bertahun-tahun kita kebanjiran. Kita berharap, Bupati Gresik segera menyelesaikan bencana banjir ini,” imbuhnya. 

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Gresik Achmad Hadi mengatakan, untuk penanganan banjir di Kota Gresik segera dilakukan. 

“Mulai Sabtu akan dilakukan normalisasi di beberapa saluran air. Seperti di Jalan Malik Ibrahim dan sekitarnya akan ditangani oleh Dinas PUTR, PKP dan Dinas Lingkungan Hidup,” kata Hadi. 

Dari upaya normalisasi sungai di Kota Gresik tersebut, diharapkan bisa mengurangi pendangkalan dan tumpukan sampah. Sehingga, bisa digunakan untuk menampung air dan percepatan air mengalir. 

“Didampingi itu, kami upayakan optimalisasi fungsi pompa air di masing-masing muara saluran,” katanya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved