Breaking News:

Berita Nganjuk

Satu Desa dan Kelurahan di Nganjuk Berhasil Raih Penghargaan Lomba Berseri Provinsi Jawa Timur

Satu desa dan kelurahan di Kabupaten Nganjuk berhasil meraih penghargaan dalam Lomba Berseri Provinsi Jawa Timur. Ada sejumlah kriteria penilaian.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Penerimaan penghargaan terhadap pemenang Lomba Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur, di mana satu desa dan satu kelurahan dari Kabupaten Nganjuk berhasil menjadi yang terbaik, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Desa Senjayan, Kecamatan Gondang, dan Kelurahan Ploso, Kecamatan Nganjuk, berhasil menjadi pemenang lomba Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) Provinsi Jawa Timur.

Keberhasilan tersebut menambah torehan prestasi yang diraih Kabupaten Nganjuk.

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nganjuk, Agus Hariyadi menjelaskan, penghargaan tersebut diraih berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh tim evaluasi Berseri Provinsi Jawa Timur.

Ada sejumlah kriteria penilaian yang menjadi poin.

Di antaranya kelembagaan dan partisipasi warga dalam pengelolaan sampah, pengelolaan sumber daya alam yang menitikberatkan keterlibatan masyarakat menjaga dan melestarikan sumber daya alam, profil kegiatan lingkungan, program kerja kader lingkungan, serta inovasi-inovasi yang dilakukan oleh warga di bidang lingkungan.

"Alhamdulillah Desa Senjayan dan Kelurahan Ploso berhasil memenuhi kriteria Lomba Berseri tingkat Jatim, sehingga meraih penghargaan tersebut," kata Agus Hariyadi, Sabtu (11/12/2021).

Dijelaskan Agus Hariyadi, di Kabupaten Nganjuk sebenarnya terdapat 27 desa maupun kelurahan dengan predikat Berseri. Baik predikat Pratama, Madya, dan Mandiri. Di mana selain seremonial dalam lomba, diharapkan melalui Berseri dapat tercipta upaya untuk mengembangkan kemampuan dan kebersamaan dalam mengelola lingkungan.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Para Pelajar Gresik Tanam Seribu Pohon di Lahan Bekas Tambang

"Tentunya semua lapisan masyarakat desa/kelurahan diharapkan ikut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan tersebut," ucap Agus Hariadi.

Memang, diakui Agus, program Berseri harus dijalankan dengan susah payah. Ini dikarenakan perlu langkah-langkah pendekatan yang intensif dan pemberdayaan. Antara lain berupa pembinaan, sosialisasi, fasilitasi, maupun pembentukan kader lingkungan dengan pendampingan atau pendekatan secara intensif oleh DLH Kabupaten Nganjuk.

"Desa Senjayan dan Kelurahan Ploso mampu melakukannya, dan DLH Jatim memberi penghargaan atas kerja keras tersebut," tandas Agus Hariadi.  

Sementara Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Kabupaten Nganjuk, Sulfi Findhu menambahkan, Desa Senjayan, Kecamatan Gondang berhasil meraih predikat Pratama. Untuk Kelurahan Ploso, Kecamatan Nganjuk meraih predikat Madya.

Berseri sendiri merupakan program yang salah satu tujuannya untuk mewujudkan desa atau kelurahan yang bersih, lestari, dan ramah lingkungan.

"Program ini juga dimaksudkan untuk mendorong kesadaran sistemik dengan melibatkan semua pihak. Mulai dari perangkat desa/kelurahan, dan seluruh lapisan masyarakat. Melalui kebijakan peduli lingkungan dapat membangun budaya ramah lingkungan dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam," tutur Sulfi Findhu.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved