Breaking News:

Berita Trenggalek

Uang Palsu 'Aset 101' Barang Sitaan Polres Trenggalek Digunakan Tipu-tipu Bermodus Buka Loker Gaib

Uang palsu berhologram 'Aset 101' barang bukti sitaan Polres Trenggalek digunakan untuk tipu-tipu bermodus membuka loker gaib.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Uang palsu berhologram tulisan “Aset 101” yang rencananya akan dipakai untuk tipu-tipu bermodus membuka loker gaib, yang diamankan Satreskrim Polres Trenggalek, Minggu (12/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Terkuak fakta baru dalam kasus pengedaran uang palsu yang ditangani Satreskrim Polres Trenggalek.

Dari 310 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu, 100 lembar di antaranya dilengkapi dengan hologram bertuliskan “Aset 101.”

Tulisan “Aset 101” itu bisa dilihat dengan jelas saat uang palsu disorot dengan sinar biru.

Usut punya usut, uang palsu ini rencananya akan dipakai untuk penipuan dengan modus membuka loker gaib.

Barang bukti itu didapat dari tersangka SD (49), warga Kebayoran Lama, Jakarta, yang ditangkap di sebuah rumah kontrakan di Kabupaten Bentul, Yogyakarta.

“Tersangka rencananya mengedarkan uang itu dengan modus mengiming-imingi calon korban dengan cara menyampaikan bahwa uang tersebut bisa dipakai untuk membuka loker gaib,” kata Kasat Reskrim Polres Trenggalek, AKP Arief Rizky Wicaksana, Minggu (12/12/2021).

Dengan modus tersebut, uang palsu yang nilai totalnya Rp 10 juta itu bisa dijual dengan harga fantastis. Yakni antara Rp 300 juta hingga Rp 500 juta.

Uang palsu berhologram “Aset 101” itu itu rencananya akan diedarkan di Jawa Timur. Namun, sindikat tersebut terlebih dulu ditangkap oleh anggota Satreskrim Polres Trenggalek pada akhir Oktober 2021 lalu.

Baca juga: Peredaran Uang Palsu Kembali Marak di Jatim, Begini Tips dari BI agar Mudah Membedakan

Saat menangkap SD, polisi total menyita 1.249 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribuan. Dari jumlah itu, hanya 100 lembar yang memiliki hologram untuk tipu-tipu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved