Breaking News:

Berita Jember

Rumah 500 KK di Desa Mundurejo Jember Terendam Banjir, Warga: Sekitar Jam 12 Malam, Kami Kaget

Rumah 500 KK di Desa Mundurejo Jember terendam banjir, Warga: Sekitar jam 12 malam air masuk rumah, kami kaget baru kali ini parah.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Banjir yang melanda permukiman di Desa Mundurejo, Umbulsari, Jember, Senin (13/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Banjir kembali menerjang wilayah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (13/12/2021).

Kali ini banjir merendam Desa Mundurejo, Kecamatan Umbulsari.

Berdasarkan data yang dihimpun Tribun Jatim Network, untuk sementara ini, banjir menggenangi rumah 500 KK di desa tersebut.

Banjir di Desa Mundurejo terjadi akibat meluapnya Sungai Afur Gumuklengar, desa setempat. Genangan air tidak hanya menggenangi jalanan desa, namun juga sampai masuk ke dalam rumah warga. Ketinggian air mulai dari 50 cm hingga 1 meter.

Sungai meluap karena hujan yang terjadi sekitar 3 jam mulai Minggu (12/12/2021) pukul 18.00-21.00 WIB. Debit sungai tersebut tinggi, sehingga meluap dan menggenangi tiga dusun, yakni Dusun Sukomakmur, Temurejo, dan Blok Mundu.

Hingga siang ini, air masih menggenangi sejumlah tempat meskipun berangsur surut.

Warga desa setempat, M Shodiq menuturkan, air mulai masuk rumahnya sekitar pukul 00.00 WIB.

"Masuk sekitar jam 12 malam. Kami kaget juga, karena baru kali ini daerah kami kena banjir parah seperti sekarang," ujar Shodiq.

Baca juga: Genangan Air di Sepanjang Frontage Ahmad Yani Surabaya Sempat Picu Kemacetan dan Motor Mogok

Kepala Desa Mundurejo, Edi Susanto menambahkan, genangan air masih tinggi hingga Senin (13/12/2021) siang. Pihak pemdes bersama relawan dan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember melakukan evakuasi kepada lansia dan anak-anak. Pemdes Mundurejo juga menyediakan dapur umum.

"Berdasarkan pendataan kami, sementara ini ada 500 KK yang terdampak banjir. Air mulai surut, dan kami berdoa semoga sore atau malam nanti tidak hujan deras lagi," ujar Edi.

Banjir yang terjadi di Kecamatan Umbulsari ini, menambah daftar panjang jumlah kejadian banjir selama musim penghujan di akhir tahun 2021 ini.

Sebelumnya, banjir terjadi di Kecamatan Semboro, Sumberbaru, Tanggul, juga Bangsalsari. Banjir genangan akibat luapan saluran air juga sudah terjadi di Kecamatan Kaliwates, dan Sumbersari.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved