Breaking News:

Berita Madura

Sediakan Pos Bantuan Hukum Gratis, Pengadilan Agama Sampang Dorong Masyarakat Tak Pakai Jasa Calo

Masyarakat yang ingin mengajukan perceraian di Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Sampang, Madura sebaiknya menolak adanya tawaran perantara atau calo.

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Hanggara Pratama
Ruang pelayanan Pengadilan Agama (PA), Jalan Jaksa agung Suprapto, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hanggara Pratama

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Masyarakat yang ingin mengajukan perceraian di Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Sampang, Madura sebaiknya menolak adanya tawaran perantara atau calo.

Sebab, PA Kabupaten Sampang telah menyediakan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang siap membantu dengan gratis terkait proses dalam pengajuan perkara.

Ketua Pengadilan Agama Sampang Rukayah mengatakan, bahwa tujuan Posbakum untuk menjamin dan memenuhi hak bagi penerima bantuan hukum untuk mendapatkan akses keadilan dalam mengajukan perkaranya.

Adapun persyaratannya, membawa KTP, alamat pasangan harus lengkap, termasuk buku nikah guna persyaratan dasar bahwa mereka pernah menikah.

"Jadi nanti akan dibantu dibuatkan gugatannya dan itu gratis," ujarnya.

Ia menambahkan, di instansinya juga juga tersedia layanan hukum Prodeo yaitu, proses berperkara di Pengadilan Agama secara cuma-cuma atau gratis.

"Program Prodeo tanpa biaya, dengan syarat mencantumkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)," terang Rukayah.

Menurutnya, program tersebut untuk mempermudah pengurusan penceraian bagi masyarakat sebagi bentuk kepedulian Pengadilan Agama.

"Apalagi saat ini sudah menerapkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved