Breaking News:

Berita Nganjuk

Penuhi Perpres dan Permendagri, Perda RPJMD Nganjuk Tahun 2018-2023 Dilakukan Perubahan

Penuhi Perpres dan Permendagri, Perda RPJMD Nganjuk tahun 2018-2023 dilakukan perubahan. Marhaen Djumadi berharap secepatnya dilakukan pembahasan.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Achmad Amru Muiz
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menyerahkan usulan Raperda RPJMD Perubahan kepada Wakil Ketua DPRD Nganjuk, Ulum Basthomi dalam rapat paripurna DPRD, Senin (13/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemerintah Kabupaten Nganjuk sampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023.

Usulan perubahan Perda RPJMD tersebut dilakukan berdasarkan Perpres nomor 19 tahun 2020, Permendagri nomor 86 tahun 2017 berkaitan dengan SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja), serta RPJMD Provinsi Jawa Timur, serta pandemi Covid-19.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, Perda RPJMD tahun 2018-2023 Kabupaten Nganjuk tidak dilakukan perubahan, untuk disesuaikan dengan peraturan yang ada, maka pada tahun 2022 nanti tidak bisa disyaratkan sesuai ketentuan.

"Untuk itulah, Perda RPJMD tersebut harus dilakukan perubahan dari pada berisiko terkena penalti sesuai aturan," kata Marhaen Djumadi usai rapat paripurna DPRD Nganjuk, Senin (13/12/2021).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, perubahan RPJMD tersebut juga terkait dengan adanya SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja) yang baru di Pemkab Nganjuk pada tahun 2022 mendatang. Demikian halnya dengan program diusulkan dan sejumlah target angka kemiskinan, pengangguran, infrastruktur, pandemi Covid-19 tersebut juga menjadi dasar dari perubahan RPJMD.

"Yang intinya, perubahan RPJMD dalam pembangunan tersebut tahapanya harus sesuai dengan Peraturan Presiden dan Mendagri," tandas Marhaen Djumadi.

Oleh karena itu, ungkap Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk berharap pembahasan usulan Perubahan Perda RPJMD segera bisa dibahas dan diselesaikan oleh DPRD Kabupaten Nganjuk. Karena hal itu terkait dengan waktu pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nganjuk mulai tahun 2022 mendatang yang bisa direalisasi lebih cepat waktunya.

"Kami harap bapak dan ibu DPRD Nganjuk bisa secepatnya melakukan pembahasan, setelah proses penyampaian Perubahan Perda RPJMD Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023 tersebut resmi kami serahkan hari ini," ucap Marhaen Djumadi.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Jianto mengatakan, melihat pentingnya usulan Perubahan Perda RPJMD tersebut, DPRD Nganjuk akan segera menjalankan mekanisme tahapan pembahasan Raperda.

Dengan demikian, waktu bisa lebih diefisienkan dalam memproses Raperda RPJMD menjadi Perda RPJMD Perubahan Kabupaten Nganjuk periode 2018-2023.

"Tentunya DPRD Nganjuk senantiasa akan bekerja maksimal untuk pembangunan Kabupaten Nganjuk lebih cepat menuju kesejahteraan," tutur Jianto yang juga pimpinan rapat paripurna DPRD Nganjuk tentang penyampaian Raperda RPJMD Perubahan Kabupaten Nganjuk.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved