Breaking News:

Berita Madura

Perjuangkan Raperda Perlindungan Nelayan, DPRD Sumenep: Bakal Jadi Hadiah Buat Masyarakat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep terus melakuman trobosoan baru demi memperjuangkan kesejahteraan nelayan.

TRIBUNJATIM.COM/M SUDARSONO
Perairan Laut Tuban saat terjadi gelombang tinggi, tepatnya di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep terus melakuman trobosoan baru demi memperjuangkan kesejahteraan nelayan.

Salah satunya mempercepat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam.

Saat ini Raperda tersebut sudah sampai pada tahap konsultasi gubernur. Apabila evaluasi selesai, maka akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk disahkan menjadi Perda.

"Nanti, ini menjadi hadiah bagi masyarakat nelayan," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Gunaifi Syarif Arrodhy.

Perda tersebut kata Gunaifi Syarif Arrodhy itu sangat dibutuhkan, mengingat sebanyak 20 dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep berada di daerah pesisir dan atau kepulauan yang rata-rata masyarakatnya adalah nelayan.

Legislator wilayah pesisir ayang merupakan Dapil V (lima) yang meliputi wikayah Kecamatan Batang-Batang, Dungkek, Gapura dan Kecamatan Batuputih.

Dari empat kecamatan itu, semuanya terdapat wilayah pesisir yang mayoritas masyarakatnya adalah seorang nelayan.

"Ketika sudah disahkan, regulasi ini nantinya akan menjadi hadiah bagi masyarakat, khususnya nelayan dan petambak garam. Khusus bagi nelayan, kita tahu mayoritas daerah kita adalah pesisir. Sebagian besar kecamatan yang ada merupakan wilayah pesisir yang masyarakatnya mencari nafkah di tengah laut," katanya.

Dalam regulasi itu nantinya akan diatur tentang banyak hal, salah satu di antaranya tentang bagaimana memberikan kepastian usaha yang berkelanjutan kepada nelayan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved