Breaking News:

Berita Probolinggo

Tinggal Tunggu Arahan, Kota Probolinggo Mulai Bersiap Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 tahun

Kota Probolinggo belum bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Ndaru Wijayanto
Tribun Jatim Network/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau dan mengawal langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun di SDN Kaliasin 1 Kota Surabaya, Rabu (15/12/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Kota Probolinggo tidak masuk daftar daerah yang menggelar tahap awal vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Sebab, capaian vaksinasi dosis pertama sasaran lansia masih di bawah 60 persen per Kamis 9 Desember 2021 lalu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati membenarkan hal tersebut. 

Ia mengatakan berdasar arahan pemerintah pusat, Kota Probolinggo tidak masuk daftar 21 kota/kabupaten di Jawa Timur yang diperkenankan melangsukangkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Indikator daerah yang dapat melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun, yakni tingkat vaksinasi masyarakat secara umum dosis pertama berada di atas 70 persen dan vaksinasi lansia lebih dari 60 persen, terhitung sampai Kamis 9 Desember 2021.

Sedangkan di hari yang sama, capaian vaksinasi covid-19 dosis I bagi lansia di Kota Probolinggo baru 58,7 persen. Untuk vaksinasi masyarakat secara umum sudah memenuhi syarat, karena sudah di atas 80 persen.

"Per Kamis 9 Desember 2021, vaksinasi Covid-19 dosis I sasaran lansia belum mencapai 60 persen. Walhasil, Kota Probolinggo belum bisa melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun," kata Ida, sapaan Plt DKP2KB kepada Tribun Jatim Network, Kamis (16/12/2021).

Ida menerangkan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Probolinggo untuk mengumpulkan data jumlah sasaran anak usia 6-11 tahun yang bakal mendapat vaksinasi Covid-19.

Sehingga ketika ada petunjuk dari pemerintah pusat untuk melakukan vaksinasi anak 6-11 tahun, Pemkot Probolinggo sudah siap.

Berdasar data terbaru, per Rabu 15 Desember 2021, capaian vaksinasi dosis pertama lansia sudah mencapai 60,8 persen. Lalu, capaian vaksinasi dosis pertama masyarakat secara umum sudah di angka 82,4 persen.

Artinya, Kota Probolinggo sudah memenuhi kriteria untuk melangsungkan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. 

"Anak usia 6-11 tahun akan menerima vaksin Sinovac. Ketersediaan vaksin Sinovac di Kota Probolinggo terbilang cukup banyak, yaitu sekitar 23.452 dosis. Kami siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak 6-11 tahun. Tinggal menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah pusat," jelasnya.

Sementara, Pemkot Probolinggo terus fokus menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 sasaran lansia.

"Lansia adalah kelompok masyarakat rentan sehingga harus dilindungi. Tidak hanya berhenti pada capaian 60 persen, kami  terus menuntaskan vaksinasi bagi lansia," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved