Breaking News:

Berita Nganjuk

Dinilai Berhasil Hilangkan Kebiasaan Warga BAB Sembarangan, Pemkab Nganjuk Terima Penghargaan ODF

Dinilai berhasil menghilangkan kebiasaan warga buang air besar (BAB) sembarangan, Pemkab Nganjuk menerima penghargaan Open Defecation Free (ODF).

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menunjukkan piagam penghargaan ODF yang diterima dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinilai berhasil hilangkan kebiasan masyarakat buang air besar (BAB) sembarangan, Pemkab Nganjuk dapatkan piagam penghargaan Open Defecation Free (ODF).

Piagam penghargaan ODF itu diterima Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, awal pekan ini.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, piagam penghargaan tersebut diraih berdasarkan salah satu indikator pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang sehat dan perilaku masyarakat yang semula BAB di sembarang tempat, kini beralih ke MCK berbasis rumah tangga.

"Penghargaan ini merupakan capaian dari semuanya, terumata masyarakat Kabupaten Nganjuk untuk selalu hidup sehat," kata Marhaen Djumadi, Kamis (16/12/2021).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, sejak beberapa tahun terakhir, sosialisasi stop buang air besar sembarangan di Kabupaten Nganjuk intensif dilakukan Pemkab Nganjuk. Itu setelah tingkat kesadaran warga untuk tidak buang air besar sembarangan awalnya di Kabupaten Nganjuk masih rendah, terutama di pedesaan.

Untuk itu, dikatakan Marhaen Djumadi, upaya sosialisasi agar masyarakat mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan terus intensif dilakukan tanpa kenal lelah.

"Warga memang harus disadarkan kalau buang air besar sembarangan itu bisa mengganggu kesehatan, dan pengertian seperti itu telah betul-betul ditanamkan pada masyarakat," ucap Marhaen Djumadi.

Baca juga: Marhaen Djumadi Minta Kades di Nganjuk Transparan Soal Dana Desa: Bisa Membangun Kepercayaan Publik

Berkat dukungan semua pihak, tambah Marhaen Djumadi, upaya menghilangkan kebiasaan BAB sembarangan secara bertahap di Kabupaten Nganjuk berhasil dilakukan, sehingga masyarakat semakin sadar untuk hidup sehat dengan buang air besar di sanitasi memadai atau di water closet (WC).

"Alhamdulillah, perubahan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat untuk mewujudkan daerah menuju STBM (sanitasi total berbasis masyarakat) bisa dicapai dan akhirnya mendapatkan penghargaan ODF ini," tandas Marhaen Djumadi.

Sementara itu, penghargaan ODF diterima Pemkab Nganjuk dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 Provinsi Jawa Timur yang turut dihadiri oleh para kepala daerah se-Jawa Timur beserta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved