Breaking News:

Kisah Lilies Handayani, Srikandi Olahraga Indonesia: Pantang Menyerah dan Terus Belajar

Lilies Handayani atau yang akrab disapa Lilies merupakan atlet legendaris Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di Olimpiade Seoul tahun 1988.

Tribun Jatim Network/Sugiharto
Atlet legendaris Indonesia Lilies Handayani, SH., MA, saat menghadiri Public Speaking Class yang digelar oleh Sinergi Bicara di acara Female Fair, Senin (20/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Melia Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lilies Handayani, SH., MA, atau yang akrab disapa Lilies merupakan atlet legendaris Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di Olimpiade Seoul tahun 1988 lalu.

Lilies bersama 3 Srikandi kala itu berhasil meraih medali perak dalam cabang olahraga Panahan.

3 Srikandi ini Kisah Hidupnya telah difilmkan. 3 Srikandi diperankan oleh Chelsea Islan, Bunga Citra Lestari dan Tara Basro

"Saat itu kami berhasil meraih medali perak di Olimpiade Seoul tahun 1988. Saat itu kami berhasil membuka jalan Indonesia untuk mendapatkan medali setelah ikut serta kejuaraan selama 36 tahun," ungkap Lilies saat menghadiri Public Speaking Class yang diselenggarakan oleh Sinergi Bicara di acara Female Fair, Senin (20/12/2021).

Atlet legendaris Indonesia Lilies Handayani, SH., MA, saat menghadiri Public Speaking Class yang digelar oleh Sinergi Bicara di acara Female Fair, Senin (20/12/2021).
Atlet legendaris Indonesia Lilies Handayani, SH., MA, saat menghadiri Public Speaking Class yang digelar oleh Sinergi Bicara di acara Female Fair, Senin (20/12/2021). (Tribun Jatim Network/Sugiharto)

Lilie mengatakan, sebenarnya ia sudah pernah meraih medali emas pada tahun 1985 dalam Sea Games di Bangkok. Namun, bukan medali emas perorangan, melainkan beregu.

Menurut Lilies, untuk meraih medali di kejuaraan selanjutnya, pihaknya bersama pelatih sudah membuat proyeksi 5 tahun sejak 1985.

Saat itu, yang ditargetkan adalah medali perunggu. Namun pada kenyataan, justru berhasil meraih melebihi ekspektasi.

"Targetnya perunggu untuk Olimpiade Seoul 1988 tapi syukur Alhamdulillah berhasil meraih medali perak. Dan di tahun 1989 berhasil meraih di kejuaraan perorangan. Semua ini karena hasil dukungan semua pihak," jelasnya.

Menurut Lilies, keberhasilannya meraih medali dalam beberapa kejuaraan tidaklah sesuatu yang instan. Perlu latihan ekstra dan berorientasi target supaya bisa meraih tujuan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved