Syarat Wajib Khusus Penumpang Kereta Kategori Anak-anak di Masa Nataru, Beda KA Jarak Jauh dan Lokal

Ini syarat wajib khusus penumpang kereta api kategori anak-anak di masa Nataru, beda KA jarak jauh dengan lokal.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Fikri Firmansyah
Calon penumpang kategori anak-anak usia di bawah 12 tahun tampak duduk di kursi tunggu kedatangan KA bersama orang tuanya di Stasiun Gubeng Surabaya, Selasa (21/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pada masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya menyatakan, pihaknya akan tetap mengoperasikan kereta api (KA) untuk membantu konektivitas masyarakat yang ingin bepergian dengan aman, nyaman dan sehat.

Sejalan dengan hal tersebut, PT KAI Daop 8 Surabaya juga memberikan syarat wajib khusus bagi calon penumpang KA kategori anak-anak.

"Syarat yang diberlakukan bagi anak-anak ini bagian dari konsistensi kami dalam menerapkan protokol kesehatan secara disiplin pada layanan kereta api sesuai ketentuan dari pemerintah selama masa pandemi Covid-19,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif pada TribunJatim.com, Selasa (21/12/2021).

Berikut pemaparan dari Luqman Arif, terkait syarat naik KA di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya pada masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022:

KA Jarak Jauh

- Usia 12 s/d 17 tahun: minimal vaksin Covid-19 dosis pertama dan menunjukkan RT-PCR (3x24 jam) / RT-Antigen (1x24 jam).

- Usia di bawah 12 tahun: hanya wajib menunjukkan RT-PCR (3x24 jam) alias bukan bukti vaksin dosis pertama maupun kedua. Selain itu, juga wajib didampingi orang tua.

KA Lokal

- Di atas 12 tahun: minimal vaksin Covid-19 dosis pertama.

- Usia di bawah 12 tahun: hanya wajib didampingi orang tua.

Luqman Arif menambahkan, pada periode 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, Daop 8 setiap harinya akan mengoperasikan 33 perjalanan KA jarak jauh, dan 52 perjalanan KA lokal.

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya Siap Operasikan KA Sesuai Prokes, Berikut Aturan Naik Kereta Api saat Nataru

Dikatakannya pula, untuk perjalanan KA jarak jauh, pihaknya menyediakan rata-rata 15 ribu tiket per hari untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat yang akan bepergian.

Hingga saat ini, KAI belum melakukan penambahan perjalanan KA, karena masih mengamati minat dari masyarakat.

“Adapun rute yang menjadi favorit masyarakat sejauh ini adalah rute tujuan Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan juga ke arah timur dengan tujuan Jember dan Banyuwangi,” tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved