Breaking News:

Berita Mojokerto

Sejumlah Narapidana Lapas Mojokerto Dapat Remisi Khusus Natal 2021

Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas-IIB Mojokerto memperoleh pengurangan masa tahanan (Remisi) bertepatan dengan perayaan Natal Tahu

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Mohammad Romadoni
Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi memberikan remisi khusus Natal 2021 terhadap narapidana di aula Lapas Klas-IIB Mojokerto, Sabtu (25/12/2012). 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas-IIB Mojokerto memperoleh pengurangan masa tahanan (remisi) bertepatan dengan perayaan Natal Tahun 2021.

Dari jumlah total 20 warga binaan narapidana dan tahanan yang beragama Nasrani di Lapas Mojokerto, hanya dua narapidana laki-laki yang memenuhi persyaratan remisi khusus Hari Raya Natal (RK 1) yakni berupa pengurangan masa tahanan.

Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi mengatakan warga binaan nasrani sebanyak 20 orang di antaranya ada tujuh orang berstatus narapidana, dan 13 orang tahanan. 

Adapun narapidana yang mendapatkan remisi adalah dua orang terkait kasus narkotika dengan masa hukuman lima tahun.

"Dari tujuh orang narapidana, ada dua orang narapidana yang mendapatkan remisi khusus RK I atau pengurangan masa pidana sebesar satu bulan," ungkapnya, Sabtu (25/12/2021).

Baca juga: 6 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tulungagung Dapat Remisi Natal, 2 di Antaranya Asimilasi dan Bebas

Dedy menyebut tiga orang narapidana belum memenuhi persyaratan lantaran masa hukuman yang bersangkutan di bawah enam bulan. 

Sedangkan, dua orang narapidana lain masih dalam proses pengajuan remisi susulan Tahun 2021. 

"Warga binaan yang mendapatkan remisi telah memenuhi syarat sesuai peraturan perundang-undangan, seperti berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan," jelasnya.

Menurut dia, pemberian remisi merupakan pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan pada narapidana dan anak yang memenuhi syarat yang ditentukan sesuai PERMENKUMHAM Nomor 3 Tahun 2018. 

Baca juga: Puluhan Sopir Bus di Terminal Kertajaya Kota Mojokerto Dites Urine dan Antigen, Ini Hasilnya

Sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM RI untuk Warga Binaan Nasrani saat perayaan Natal tahun 2021 yakni dengan pemberian remisi yang merupakan salah satu indikator pelaksanaan pembinaan dan pemenuhan hak bagi narapidana dan anak yang dilindungi dan ditetapkan oleh undang-undang.

Salah satu remisi yang diberikan bagi narapidana dan anak adalah remisi khusus setiap hari besar keagamaan yang dianut narapidana dan anak tersebut.

"Pada perayaan hari raya Natal Tahun 2021 ini dua warga binaan nasrani Lapas Klas-IIB Mojokerto Kanwil Jawa timur mendapatkan remisi khusus Natal," ucap Dedy.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved