Breaking News:

Berita Madura

Jembatan Suramadu Ditutup saat Malam Tahun Baru, Masyarakat Diimbau Rayakan di Rumah Saja

Masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu identik dengan peningkatan mobilitas masyarakat, terlebih di malam pergantian tahun.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Ndaru Wijayanto
Ahmad Faisol/Surya
Arus kendaraan menuju Pulau Madura mulai terpantau padar sejat 26 Juli 2020. Hingga H-3 Lebaran Ketupat, Rabu (29/7/2020), UPT P3 LLAJ Bangkalan Dinas Perhubungan Propinsi Jatim telah mencatat sejumlah 10.000 unit kendaraan memasuki Madura melalui Jembatan Suramadu 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN – Masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu identik dengan peningkatan mobilitas masyarakat, terlebih di malam pergantian tahun.

Guna mengurangi aktivitas masyarakat dan mencegah timbulnya konsentrasi massa, Jembatan Suramadu akan ditutup sementara mulai Jumat (31/12/2021) pukul 23.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2021) pukul 05.00 WIB.

Rencana penutupan jembatan penghubung Pulau Madura dan Pulau Jawa itu disampaikan Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif) di mapolres usai berkeliling memimpin gelar patrol pengamanan gereja.

Tidak sendiri, Ra Latif berkeliling bersama Kapolres Bangkalan, AKBP Alith Alarino, Dandim 0829, Letkol Inf Syarifudin Liwang, Danlanal Batuporon, Letkol Laut (P) Mahfud Effendi, serta Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan, Muhammad Fahad, Sabtu (25/12/2021) malam.  

“Kami mendapatkan informasi, kabarnya Jembatan Suramadu akan ditutup pada malam tahun baru mulai pukul 23.00 WIB dan kembali dibuka pada pukul 05.00 WIB,” ungkap Ra Latif.

Ia menjelaskan, Jembatan Suramadu selama penutupan sementara hanya bisa difungsikan untuk kegiatan darurat seperti ambulans, penanganan kesehatan, dan kegiatan patrol aparat gabungan TNI/Polri dan Pemkab Bangkalan.  

“Bersama TNI/Polri, pihak juga menggelar patrol. Kami mengimbau kepada masyarakat Bangkalan di malam tahun baru nanti tidak boleh berkerumun sifatnya, karena kita berada di level 3 Covid-19. Untuk menyesuaikan, tidak boleh berkerumunan di tempat terbuka,” pungkas Ra Latif.

Sementara Kapolres Bangkalan, AKBP Alith Alarino menegaskan, selain penutupan Jembatan Suramadu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemkab Bangkalan terkait penutupan sementara Alun-alun Kota Bangkalan pada malam pergantian tahun.

“Taman Paseban dan ALun-alun Kota akan disterilkan hingga 1 Januari 2022. Ini tidak lepas dari situasi hingga saat ini masih pandemi Covid-19 termasuk kemunculan varian Corona baru. Kami imbau di rumah saja bersama keluarga, lebih aman dan sehat,” tegas Alith.

Ia menambahkan, pengamanan malam pergantian tahun akan dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Personel gabungan TNI/Polri dan OPD Pemkab Bangkalan akan disebar sesuai pos-pos yang telah didirikan dalam Operasi Lilin Semeru.

“Ada tujuh pos yang terdiri dari pos pengamanan dan pos pelayanan , di antaranya di akase menuju Jembatan Suramadu, di Pelabuhan Kamal, di Tanah Merah, Blega, dan di Tanjung Bumi. Di malam tahun baru, kami melakukan patroli untuk mengimbau masyarakat agar tidak merayakan dengan berkerumun,” pungkas perwira polisi asal Kota Surabaya itu. (edo/ahmad faisol)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved