Breaking News:

Berita Madiun

Emak-emak di Madiun Latih Anak Berkebutuhan Khusus Menganyam Tas, Komunikasi Tak Jadi Halangan

Puluhan ibu-ibu pengrajin tas anyam plastik yang tergabung dalam Krisajo (Kriya Sarinah Sambirejo) menyalurkan keterampilannya ke siswa Sekolah Luar B

TRIBUNJATIM.COM/Sofyan Arif Candra
Ibu-ibu Krisajo Melatih Menganyam Tas Anak-anak Berkebutuhan Khusus di SLB Dharma Wanita Jiwan 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Puluhan ibu-ibu pengrajin tas anyam plastik yang tergabung dalam Krisajo (Kriya Sarinah Sambirejo) menyalurkan keterampilannya ke siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Senin (27/12/2021).

Dengan telaten, ibu-ibu tersebut memberikan pelatihan menganyam tas kepada para Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Ketua Paguyuban Krisajo, Siti Maunah mengatakan dirinya langsung menerima ketika mendapatkan tawaran berbagi ilmu dengan para siswa ABK.

Menurut Siti, menjadi sebuah kebanggaan bagi paguyubannya bisa menyalurkan keterampilan menganyam tas kepada para siswa ABK yang diharapkan bisa menjadi bekal masa depannya kelak.

Walaupun tak dipungkiri ada tantangan tersendiri ketika memberikan pelatihan kepada para siswa berkebutuhan khusus tersebut.

"Pastinya (tantangan) ada dibandingkan kita mengajari orang normal. Tapi Alhamdulillah di sini didampingi beberapa guru, jadi kita terbantu komunikasinya," kata Siti, ditemui di SLB Dharma Wanita Jiwan, Senin (27/12/2021).

Kepada para siswa ABK, ibu-ibu Krisajo memberikan pengetahuan dulu seputar tas plastik yang dibuat dari menganyam tali straping.

"Pertama kita harus mengenal tas dasar dulu. Kita ajari tas keranjang. Kalau sudah bisa membuat tas dasar nanti bisa dikembangkan jadi berbagai model tas, mulai dari batikan atau tas dekopin," lanjutnya.

Siti pun bersyukur, para siswa ABK bisa dengan cepat menangkap dan mempraktikkan teknik anyam yang diajarkan emak-emak Krisajo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved