Breaking News:

Berita Kota Batu

Jalan Tembus Sisir-Pandanrejo Kota Batu Akan Rampung Sebelum Berganti Tahun

Jalan tembus Sisir-Pandanrejo Kota Batu akan rampung sebelum pergantian tahun. Kini telah mencapai 95 persen.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Kondisi jalan tembus Sisir-Pandanrejo Kota Batu yang pengerjaannya ditarget rampung sebelum berganti tahun 2022, Minggu (26/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Pembangunan jalan tembus Sisir-Pandanrejo Kota Batu telah mencapai 95 persen.

Proyek yang memakan anggaran sekitar Rp 6 miliar ini dipastikan akan rampung akhir tahun 2021 ini. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPUPR Kota Batu, Alfi Nur Hidayat menguraikan, proses pembangunan selesai sebelum berganti tahun. Jalan tembus ini memiliki panjang sekitar 2 km dengan lebar 8 meter. 

"Dengan adanya jalur baru ini bisa mempersingkat waktu warga Sisir yang hendak menuju Pandanrejo, begitu juga sebaliknya," ujar Alfi Nur Hidayat, Minggu (26/12/2021).

Jalan tembus tersebut juga diproyeksikan dapat mengurai kemacetan, terutama ketika akhir pekan, karena banyak wisatawan yang masuk dari arah Kota Surabaya.

Jalan tembus ini berbasis partisipasi masyarakat, warga memberikan dukungan dengan menghibahkan sebagian aset tanahnya untuk pelebaran jalan secara sukarela.

Alfi Nur Hidayat menambahkan, pihaknya saat ini juga tengah menggarap tiga proyek lainnya, yakni jalan tembus Toyomerto-Abdul Gani Atas dengan nilai kontrak Rp 4,2 miliar, pembangunan jalan tembus Sisir-Temas dengan nilai kontrak Rp 1,9 miliar.

Baca juga: Banyak Jalan Rusak di Ampeldento Kabupaten Malang, DPUBM Sebut Perbaikan Dilakukan Awal Tahun 2022

"Terakhir pembangunan jalan tembus landing paralayang Songgokerto-Sumberejo, dengan nilai kontrak Rp 1,2 miliar," imbuhnya.

Pengerjaan sejumlah proyek tersebut dilakukan secara bertahap. Pembangunan jalan tembus Toyomerto-Abdul Gani Atas rencananya dibangun sepanjang 2 kilometer dengan lebar 8 meter. Pengerjaan dimulai dengan panjang 800 meter terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan pengerjaan jalan tembus landing paralayang Songgokerto-Sumberejo dibangun dengan panjang 1 kilometer dan lebar 7 meter.

"Kita melihat jalan mana yang lebih sering dilewati dan itu yang akan dikerjakan terlebih dahulu," paparnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved