Breaking News:

Berita Kota Madiun

Percepat Transformasi Digital, Madiun Raih Penghargaan Kota dengan Kesiapan Digital Terbaik 2021

Percepat transformasi digital, Kota Madiun berhasil meraih penghargaan kategori kota dengan kesiapan digital terbaik 2021.

Istimewa/TribunJatim.com/Pemkot Madiun
Wali Kota Madiun, Maidi saat menghadiri penutupan Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RCKI) yang berlangsung secara virtual di GCIO, Senin (27/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Kota Madiun meraih penghargaan kota dengan Kesiapan Digital Terbaik kategori utama kelompok kota sedang, pada Riset Transformasi Digital Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas-Institut Teknologi Bandung (PIKKC ITB).

Sebelum menganugerahkan penghargaan tersebut, PIKKC ITB telah menggelar Riset Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 (RTDI & RKCI 2021).

Selain Kota Madiun, ada beberapa kota lain yang mendapatkan anugerah serupa, yaitu Pontianak, Surakarta, Pekanbaru, dan Samarinda.

Wali Kota Madiun, Maidi menyebut, penghargaan tersebut semakin menguatkan langkah Kota Madiun untuk mempercepat transformasi digital.

"Infrastruktur untuk mendukung digitalisasi di kota kita memang sudah baik ya. Salah satunya, Kita punya 1.800 titik wifi gratis sampai di tingkat RT. Artinya, pemerintah benar-benar memfasilitasi masyarakat dalam rangka digitalisasi ini," kata Maidi, Senin (27/12/2021).

Layanan internet gratis yang menjangkau masyarakat sampai di tingkat RT tersebut menurut Maidi memang cukup menarik perhatian penilai. 

Namun begitu, menurutnya masih banyak aspek yang perlu ditingkatkan, karena masih banyak kategori yang belum tercapai. 

"Kategorinya cukup banyak. Kita baru mendapat dua di antaranya. 2019 lalu kita mendapat kategori smart health," lanjutnya. 

Kala itu, Kota Madiun termasuk tiga daerah tercepat dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). Yakni, tingkat kepesertaan masyarakat dalam jaminan kesehatan yang sudah menyeluruh.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved