Breaking News:

Berita Trenggalek

Curhat Didengar Presiden Jokowi, Kelompok Tani di Trenggalek Terima Puluhan Alat dan Mesin Pertanian

Puluhan kelompok tani di Kabupaten Trenggalek menerima hibah bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), Kamis (30/12/2021).

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) oleh Bupati Trenggalek kepada perwakilan kelompok tani, Kamis (30/12/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Puluhan kelompok tani di Kabupaten Trenggalek menerima hibah bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan), Kamis (30/12/2021).

Puluhan alsintan berbagai macam jenis itu merupakan berkah dari curhatan para petani kepada Presiden Joko Widodo saat berdialog dalam kunjungan RI 1 ke Trenggalek November lalu.

Hibah yang diserahkan hari itu berupa 4 unit traktor, 20 unit hand sprayer, 1 unit transplanter, 2 unit cultivator, 42 unit alat pengola pupuk organik.

Selain itu, ada juga tambahan 15 unit cultivator, 6 unit traktor, dan 4 unit pompa air yang sebelumnya telah diserahkan ke kelompok tani.

Baca juga: Satpol PP Trenggalek Tertibkan PKL yang Mangkal di Lokasi Rawan Longsor dan Kecelakaan

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin kepada perwakilan kelompok tani.

"Bantuan ini berasa dari berbagai sumber. Ada yang langsung dari Presiden melalui Kementerian Pertanian, ada juga dari APBN, APBD provinsi, dan APBD kabupaten," kata Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Mas Ipin membenarkan, hibah itu diberikan berdasarkan hasil aspirasi para petani kepada saat bertemu dengan Presiden dalam kegiatan tanam padi bersama akhir November 2021.

Dalam dialog itu, perwakilan petani menyampaikan permintaan agar alat pertanian yang sudah ada di Trenggalek tak ditarik kembali.

Baca juga: Aturan Berwisata ke Trenggalek Selama Masa Natal dan Tahun Baru, Wajib Prokes hingga Pembatasan

"Iya. Ini dari aspirasi para petani ketika bertemu Presiden. Kebetulan ini baru sempat kami serah terimakan," ungkap Mas Ipin.

Bupati muda itu berharap, hibah bantuan alat pertanian itu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani.

Sehingga, selisih keuntungan yang bisa mereka dapat dari hasil tani lebih tinggi.

"Caranya dengan menekan biaya produksi semurah mungkin. Salah satu caranya dengan menggunakan alat dan mesin pertanian modern," sambung dia.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Trenggalek Didik Susanto menjelaskan, seluruh bantuan itu disalurkan kepada 53 kelompok tani yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

Bantuan diberikan berdasarkan kebutuhan dari kelompok tani masing-masing.

"Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para kelompok tani," pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved