Breaking News:

Berita Madiun

Masuki Musim Tanam, Petani Jatim Minta Pemerintah Segera Tetapkan Alokasi Pupuk Subsidi Tahun 2022

Petani Jawa Timur mendorong pemerintah agar segera menetapkan alokasi pupuk subsidi tahun 2022.

Istimewa/TribunJatim.com
ilustrasi petani melakukan aktivitas panen 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Petani Jawa Timur mendorong pemerintah agar segera menetapkan alokasi pupuk subsidi tahun 2022.

Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Timur, Suharno mengatakan saat ini puncak musim tanam pada tahun 2022 masih berlangsung.

Petani di Jawa Timur berharap dapat segera menebus pupuk bersubsidi pada awal Januari 2022 agar dapat melakukan pemupukan dengan tepat waktu sehingga pertumbuhan dan hasil panen bisa maksimal.

Menurut Suharno saat ini cukup banyak petani yang bahkan belum melakukan pemupukan di bulan Desember lantaran pupuk bersubsidi yang sudah habis. 

"Kami berharap saat memasuki Januari 2022 nanti, petani dapat segera menebus pupuk bersubsidi agar dapat segera melakukan pemupukan," ujar petani asal Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun ini saat ditemui, Jumat (31/12/2021) 

Suharno menambahkan bahwa surat alokasi pupuk subsidi untuk setiap provinsi sebenarnya telah diterbitkan oleh Menteri Pertanian pada tanggal 17 Desember 2021 melalui surat kepada seluruh gubernur dengan Nomor 200/SR.220/M/12/2021..

Namun sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi terkait tindak lanjut surat tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Petani sangat berharap agar birokrasi administrasi pupuk bersubsidi ini dapat dipermudah dan dipercepat. Karena tanaman membutuhkan pupuk secara tepat waktu dan tidak bisa menunggu," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur CV Bumi Rosan, Andri Fitrananda selaku distributor pupuk bersubsidi di Kabupaten Mojokerto menyatakan bahwa alokasi pupuk bersubsidi tahun 2021 di Kabupaten Mojokerto telah habis pada pertengahan bulan Desember 2021. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved