Breaking News:

Pintek Sediakan Solusi untuk Pelaku Usaha Pendidikan yang Terkendala Akses Permodalan

Pintek menyediakan solusi untuk para pelaku usaha pendidikan yang terkendala akses permodalan, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Bisnis di sektor pendidikan makin moncer, Pintek tawarkan solusi bagi pelaku usaha pendidikan yang terkendala akses permodalan, Sabtu (1/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Potensi dalam sektor pendidikan menjadi bisnis yang menjanjikan. Bahkan bisa menghasilkan keuntungan besar jika bisa mendapatkan supply barang di bidang pendidikan dan mampu memasarkan dengan baik.

Proses pemenuhan kebutuhan pendidikan didukung dengan adanya program digitalisasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menghadirkan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah).

SIPLah telah membantu pertumbuhan bisnis pelaku usaha/UKM pada sektor pendidikan di Indonesia, sehingga ada tren peningkatan.

Hal ini terlihat dari tingginya jumlah penyedia kebutuhan pendidikan yang bergabung dengan SIPLah Telkom (https://SIPLahtelkom.com/), yang merupakan salah satu e-commerce SIPLah resmi, yang dioperasikan oleh PT Telkom.

Tim bisnis SIPLah Telkom, Dwi Meidianty mengatakan, SIPLah Telkom sejak awal hadir dengan tujuan untuk mempermudah akses para pelaku usaha/UKM pendidikan di Indonesia, khususnya pada bidang pengadaan barang dan jasa sekolah.

"Kami telah melihat adanya peningkatan tren secara positif dengan terus meningkatnya transaksi yang terjadi dan jumlah penyedia kebutuhan pendidikan yang bergabung di dalamnya. Hingga saat ini, ada sekitar lebih dari 20.000 penyedia kebutuhan pendidikan dengan jutaan produk yang dijual secara variatif, sudah bergabung bersama kami," jelas Dwi Meidianty, Sabtu (1/1/2022).

"Hal ini menunjukkan ada keuntungan potensial yang dapat dicapai ketika para pelaku usaha/UKM pendidikan mau beralih dari cara konvensional dan bergabung dengan mitra SIPLah. Jika ada kendala atau pertanyaan lebih lanjut bagaimana cara mendaftar sebagai penjual di SIPLah Telkom atau cara bertransaksi, silakan hubungi CS kami di support@siplahtelkom.com," lanjutnya.

Namun seiring meningkatnya transaksi yang terjadi di SIPLah, lebih lanjut ia menerangkan, masih ada tantangan yang perlu dihadapi bagi para pelaku usaha/UKM pendidikan dalam mengembangkan usahanya, terlebih masalah akses permodalan.

Hal ini didukung oleh riset Pintek di bulan Juli 2021 pada lebih dari 80 pelaku usaha/UKM pendidikan, ada sekitar 69 persen UKM pendidikan membiayai usahanya mengandalkan pendanaan pribadi untuk modal dan operasional perusahaannya. Selain itu, dari 80 lebih pelaku usaha/UKM pendidikan, 57 persen mengatakan memiliki kesulitan dalam mendapatkan pendanaan selama dua tahun terakhir, setidaknya 1-2 kali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved